40 Calon Pimpinan KPK Ikuti Profile Assessment

Dibaca: 49 kali  Kamis,08 Agustus 2019 | 02:27:00 WIB

40 Calon Pimpinan KPK Ikuti Profile Assessment
Ket Foto : Calon Pimpinan KPK saat sebelum tes psikologi di Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta. Foto Kumparan

JAKARTA – Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK telah mengumumkan 40 nama yang lolos psikotes. Pada hari ini, Kamis (8/8/2019), para capim tersebut mengikuti proses selanjutnya dalam rangkaian seleksi Capim yakni profile assessment.
 
"Pansel Capim KPK akan menyelenggarakan profile assessment terhadap 40 orang Capim KPK yang dinyatakan lulus tes psikologi," kata ketua Pansel KPK Yenti Garnasih, Kamis (8/8/2019) dilansir Kumparan.
 
Anggota pansel lainnya, Hamdi Muluk, sebelumnya menyebut tes ini merupakan tahap lanjutan dari tes psikologi. Namun, metode yang digunakan lebih tajam untuk menggali psikologi para Capim.
 
"Ada wawancara mendalam, habis itu nanti ada kegiatan yang namanya simulasi pekerjaan yang mereka diberikan persoalan. Habis itu mereka berinteraksi untuk diamati," ungkap dia.
 
Tes sendiri dilaksanakan di Gedung Panca Gatra Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta Pusat. Tes dimulai pada pukul 07.30 WIB.
 
40 peserta akan mengikuti proses assessment selama dua hari yakni 8-9 Agustus 2019. Yenti menyebut, tes ini bersifat wajib. Bagi peserta yang tidak hadir dinyatakan gugur.
 
"Peserta yang tidak hadir profile assessment dinyatakan gugur," kata dia.
 
Sebelumnya, pansel menyebut secara paralel 40 peserta itu juga akan digali mengenai rekam jejaknya. Dalam prosesnya, pansel juga melibatkan 8 lembaga yakni KPK, Kejaksaan, Kepolisian, BIN, BNN, BNPT, PPATK, dan Ditjen Pajak. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com