Pesan Mahfud MD ke Anggota Dewan Terpilih: Mulai dengan Bismillah

Dibaca: 153 kali  Sabtu,10 Agustus 2019 | 11:18:00 WIB

Pesan Mahfud MD ke Anggota Dewan Terpilih: Mulai dengan Bismillah
Ket Foto : Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD

JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, meminta kepada anggota DPR RI dan DPRD yang akan dilantik supaya benar-benar mewakili rakyatnya. Sebab selama ini, kepercayaan rakyat terhadap para anggota dewan selaku wakil rakyat sudah mengalami penurunan yang cukup drastis.
 
"Kepercayaan masyarakat terhadap anggota dewan sudah turun drastis karena mereka tidak amanah," tutur Mahfud di Yogyakarta, Jumat (9/8/2019).
 
Menurut Mahfud, ada beberapa hal yang membuat kepercayaan masyarakat tersebut menurun. Salah satunya karena anggota dewan dianggap tidak lagi mampu menyuarakan suara rakyat. Kedua, para anggota dewan, baik di pusat maupun di daerah, banyak yang terlibat politik uang atau suap menyuap.
 
Politik uang, kata Mahfud, bahkan bisa terjadi bukan hanya ketika mereka hendak mencalonkan diri sebagai calon anggota dewan, tetapi juga ketika mereka sudah resmi ditetapkan menjadi anggota dewan.
 
Bagi Mahfud, jika ada orang yang membeli suara, lalu perbuatan itu membuatnya resmi terpilih jadi anggota dewan, maka artinya ia sudah curang sejak awal.
 
"Dan itu banyak, (tetapi) itu tidak semua akan masuk banyak yang membeli suara," ungkapnya dilansir Kumparan.
 
Dengan adanya aksi suap untuk 'membeli' jatah kursi anggota dewan, Mahfud khawatir banyak anggota dewan yang menerima uang untuk memanipulasi aspirasi rakyat nantinya. Seperti yang terjadi pada Jumat (9/8/2019), ada anggota dewan yang ditangkap KPK. Hal itu tentu menunjukkan integritas anggota dewan tersebut rendah.
 
"Itu jangan ikut tercebur ke dalam yang namanya noda pemerintahan. Pemerintahan yang sekarang ini dikepung oleh penyakit korupsi, kolusi, dan tropisme," tambahnya.
 
Bagi mereka yang akan dilantik, Mahfud menyarankan supaya mereka memulai dengan bismillah. Ia juga berharap mereka akan memperjuangkan aspirasi rakyat dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut harus dilakukan, kata Mahfud, agar fungsi-fungsi kelembagaan di negara ini bisa berjalan baik.
 
"Jadi pesan saya ke DPR, mulailah dengan bismillah. Anda sudah digaji oleh negara dan itu cukup. Gaji jadi (anggota) DPR atau DPRD itu sekarang sangat cukup, pergi ke mana-mana dibiayai oleh negara. Gitu enggak usah cari di luar yang haram. (Ambil) yang halal itu aja," tuturnya. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com