Wabup Kepulauan Meranti Lepas Pawai Takbir Idul Adha 1440 Hijriyah

Dibaca: 153 kali  Sabtu,10 Agustus 2019 | 10:15:00 WIB

Wabup Kepulauan Meranti Lepas Pawai Takbir Idul Adha 1440 Hijriyah
Ket Foto : Pemukulan Beduk Takbir Idul Adha

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim melepas Pawai Takbir menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah. Kegiatan tahunan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Meranti dalam menggaungkan takbir dan tahmid hingga kepelosok negeri itu, dipusatkan di Jalan Merdeka, Selatpanjang, Sabtu malam (10/9/2019).
 
Turut hadir Wakil Ketua DPRD Meranti, Muzamil, Kapolres AKBP. La ode Proyek, Pabung Kodim Bengkalis Mayor Inf P. Girsang, Kakan Kemenag, para Pejabat Eselon II di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Kesra Drs. Husni Gamal, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.
 
Pelepasan Pawai Takbir ditandai dengan upacara singkat yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim dan Komandan Upacara Kasat Lantas Polres Kepulauan Meranti AKP. Teguh yang dilanjutkan dengan pemukulan Beduk.
 
"Sebagai wujud kecintaan kepada Allah, marilah kita gemakan Takbir dan Tahmid ke seantero negeri," ucap Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim saat melepas Pawai Takbir sambut Idul Adha 1440 Hijriyah.
 
Tak lupa Wakil Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan saudara sesama muslim yang sedang melaksanakan ibadah Haji di Makkah Al-Mukaromah, begitu juga sebaliknya bagi yang melaksanakan ibadah Haji dapat mendoakan Kabupaten Kepulauan Meranti, agar semakin maju, sejahtera dan selalu diberi keberkahan oleh Allah.
 
"Dengan mengagungkan Asma Allah semoga kita dicurahkan rahmatnya dan Kabupaten Kepulauan Meranti diberikan kemakmuran dan dihindari dari segala bencana," ucapnya.
 
Pada kesempatan itu, Wabup juga mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan terutama di musim kemarau saat ini yang sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. "Mari kita jaga lingkungan kita jangan sampai terjadi kebakaran," ucapnya.
 
Takbir dan Tahmid diucapkan sebagai wujud kecintaan umat muslim kepada penciptanya Allah SWT yang telah memberikan nikmat. Hal itulah yang dilakukan oleh umat muslim diseluruh dunia dalam menyambut Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan Hari Raya Kurban.
 
Di Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri kegiatan Takbir dan Tahmid yang sudah menjadi tradisi itu mulai digaungkan sejak malam harinya jelang Idul Adha.
 
Kali ini dilaksanakan cukup meriah dengan menampilkan berbagai kendaraan hias dari berbagai Masjid dan Mushola yang tersebar di Kota Selatpanjang. Tak ketinggalan ribuan masyarakat yang terdiri dari pelajar madrasah, Perguruan Pencak Silat, Ormas dan lainnya turut menyemarakan kegiatan Pawai Takbir yang difasilitasi oleh Pemkab Kepulauan Meranti itu.
 
Sambil mengucapkan Takbir dan Tahmid, rombongan Pawai Takbir berjalan mengitari jalan protokol Kota Selatpanjang, mulai dari jalan Merdeka-Imam Bonjol-Kartini-Diinegoro dan kembali ke lokasi semula.
 
Sekedar informasi, dalam kegiatan itu juga dilakukan perlombaan kendaraan hias yang diikuti oleh utusan Masjid dan Mushola se-Kabupaten Kepulauan Meranti, bagi yang terpilih sebagai pemenang sesuai penilaian panitia menyediakan hadiah menarik.
 
Sekedar informasi, dalam kegiatan Pawai Takbir menyambut Idul Adha 1440 Hijriyah kali ini berlangsung dengan meriah dan hikmat, berjalan dengan aman dan kondusif. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com