Bupati Irwan Sholat Idul Adha Bersama Masyarakat

Bupati Irwan Sholat Idul Adha Bersama Masyarakat
Salam-salaman antara masyarakat dengan Bupati Drs. H. Irwan M.Si dan unsur Forkopimda serta pejabat Pemkab Kepulauan Meranti lainnya
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan M.Si dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengikuti Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah bersama masyarakat. Sholat Sunat Idul Adha yang tiap tahun dilaksanakan oleh umat muslim itu dipusatkan di halaman Kantor Bupati, Minggu (11/8/2019).
 
Turut hadir bersama Bupati, Kapolres AKBP. La Ode Proyek, Imam Al-Jufri, Khatib Ustaz Asep Darutahkik, jajaran pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Kepulauan Merati, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Kesra Setdakab Drs. Husni Gamal, Tokoh Masyarakat/Agama dan seribuan masyarakat Meranti jemaah Sholat Ied.
 
Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, terutama di moment Idul Adha kali ini dengan memperbanyak Sholat dan Ibadah Haji bagi yang mampu, serta melaksanakan ibadah Qurban untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat yang kurang beruntung.
 
"Di mata Allah setiap umat muslim sama derajatnya yang membedakan bukan pangkat jabatan tapi amal ibadah, untuk itu mari kita tingkatkan amal ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah agar terhindar dari mara bahaya dan Meranti menjadi negeri yang Baldatun, Toybatun, Warabun, Ghofur," ujarnya.
 
Selanjutnya Bupati mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu melaksanakan hal yang positif dan menjauhi hal negatif agar terhindar dari segala marabahaya.
 
"Mari bersama-sama kita melakukan hal yang positif demi kemajuan Meranti dan jauhi segala hal yang negatif agar kita diberikan keberkahan oleh Allah SWT," ucapnya.
 
Lebih jauh disampaikan Bupati Irwan berpesan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dan hutan dari Kebakaran Lahan yang cukup meresahkan Indonesia, khususnya Provinsi Riau. Caranya dengan tidak melakukan pembakaran lahan.
 
"Mari kita jaga lahan dan lingkungan kita jangan melakukan pembakaran lahan agar tidak terjadi kebakaran yang berujung pada kabut asap dan menderita penyakit," ucapnya.
 
Terakhir Bupati Irwan atas nama keluarga dan Pemerintah Kepulauan Meranti mengucapkan Selamat Idul Adha 1440 Hijriyah, kepada seluruh lapisan masyarakat Meranti seraya berharap semua mendapat keberkahan Allah.
 
Sementara itu Ustaz Asep Darutahkik dalam tausyiahnya berpesan kepada jemaah untuk senantiasa meneladani kisah Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS.
 
Dijelaskannya saat ini umat muslim yang berasal dari seluruh dunia melaksanakan hajatan besar yakni berkumpul di Arafah melaksanakan ibadah wajib haji yakni Wukuf. Setelah melaksanakan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan Qurban sebagai sarana Muqaroh atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu juga bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS.
 
Keteladanan yang dapat diikuti dari sejarah Nabi Ibrahim AS menurut Ustaz Asep diantaranya, 1. senantiasa berdoa kepada Allah tak pernah lelah dah putus asa ketika beliau meminta anak yang sholeh, 2. Memulai kesolehan itu dari diri sendiri dengan melakukan ketaatan, 3. Memohon kepada Allah diberikan kebaikan dalam berumah tangga, 4. Tak lupa berdoa untuk bangsa dan negarannya.
 
Prosesi sholat Idul Adha 1440 Hijriyah diakhiri dengan doa bersama dan salam-salaman antara masyarakat dengan Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang didampingi Forkopimda dan Jajaran Pejabat Pemkab Kepulauan Meranti.
 
Sekedar informasi, ditempat terpisah Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim juga menggelar kegiatan serupa bersama ratusan warga di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang.
 
Sholat Idul Adha di Masjid Agung Darul Ulum diimami oleh H. Mahfud S.Pd dan Khatib Misran Yusroni LC MA.
 
Secara keseluruhan kegiatan Sholat Idul Adha 1440 Hijjriyah di Kabupaten Kepulauan Meranti berlangsung dengan khidmat, aman dan lancar. (rls/red)

Berita Lainnya

Index