Wabup Kepulauan Meranti Irup Renungan Suci HUT RI Ke-74

Dibaca: 399 kali  Sabtu,17 Agustus 2019 | 06:32:00 WIB

Wabup Kepulauan Meranti Irup Renungan Suci HUT RI Ke-74
Ket Foto : Upacara Renungan Suci Sempena HUT RI Ke-74 Tahun 2019

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Renungan Suci Sempena HUT RI Ke-74 Tahun 2019. Upacara dalam rangka mengenang jasa para pahlawan itu dipusatkan di Makam Pahlawan Jalan Alah Air, Selatpanjang, Sabtu dini hari (17/8/2019) pukul 00.00 WIB.
 
Hadir pada upacara itu, Sekda Yulian Norwis, Wakil Ketua DPRD Taufikurrahman, Kajari Budi Raharjo, Kakan Kemenag Darwison, Kabag Sumda Polres Kompol Areng Suwasono, Danpos TNI AL Lettu Supriyanto, jajaran Pejabat Eselon 2 dan 3 Pemkab Kepulauan Meranti dan unsur peserta lainnya.
 
Bertindak selaku Perwira Upacara Danramil 02 Tebing Tinggi, Mayor Inf Irwan dan Komandan Upacara Danposmat AL. Tanjung Samak, Peltu AF. Sihombing.
 
Prosesi Upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim.
 
Dalam kesempatan itu, kepada arwah para pahlawan seluruh peserta upacara bersumpah akan melanjutkan perjuangan dan cita cita para pahlawan pendahulu bangsa.
 
"Kami bersumpah perjuangan pahlawan adalah perjuangan kami juga untuk itu akan kami lanjutkan," demikian sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Wakil Bupati mewakili seluruh peserta upacara.
 
Prosesi selanjutnya adalah mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan pendahulu bangsa dalam keadaan lampu dan obor dipadamkan.
 
Terkahir dilaksanakan doa bersama serta penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.
 
Diakhir acara kepada wartawan Wakil Bupati mengajak seluruh masyarakat generasi penerus bangsa untuk sama-sama merenungi dan mengaplikasikan perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan ini. Semangat perjuangan yang dicontohkan para pahlawan dapat menjadi spirit perjuangan khususnya bagi generasi muda.
 
"Semoga semangat para pahlawan ini dapat menjadi spirit dan pemicu bagi kita untuk terus berjuang mempertahankan kemerdekaan serta mengisinya dengan pembangunan disegala bidang dalam rangka melanjutkan cita-cita perjuangan menuju negeri yang adil dan sejahtera," ujar Wabup.
 
Adapun pasukan upacara renungan suci terdiri dari 1 Pleton personel TNI AD, 1 Pleton Personel POLRI, 1 Pleton personel Damkar dan 1 Pleton personel Dinas Perhubungan, serta para Pelajar anggota Praja Muda Karana. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com