Khidmat Upacara HUT RI Ke-74 di Desa Banglas

Dibaca: 492 kali  Sabtu,17 Agustus 2019 | 10:37:00 WIB

Khidmat Upacara HUT RI Ke-74 di Desa Banglas
Ket Foto : Upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019 di Desa Banglas

MERANTI - Upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kepulauan Meranti dilaksanakan hingga di tingkat Pemerintah Desa. Di Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, upacara itu berlangsung khidmat di lapangan Sepakbola, Jalan Pemuda Setia, mulai pukul 08.00 WIB, Sabtu 17 Agustus 2019.
 
Ribuan peserta dari berbagai unsur telah berbaris dengan rapi di lapangan itu sejak pukul 07.00 WIB. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala Desa Banglas, Samsurizal SM, SH, sedangkan Perwira Upacara, Komandan Upacara serta petugas upacara lainnya berasal dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Upacara di isi dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera, Mengheningkan Cipta, pembacaan Teks Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Siti Nurbandini dan amanat Inspektur Upacara yang membacakan sambutan Bupati Kepulauan Meranti.
 
Inspektur Upacara dalam amanatnya mengungkapkan, Kemerdekaan Republik Indonesia semata-mata adalah anugerah dari Allah SWT yang disertai perjuangan mati-matian tak kenal lelah, pantang mundur dan bermandikan darah para pejuang demi Indonesia tercinta.
 
Sebagai generasi penerus bangsa, sudah semestinya ikut serta dan aktif dalam menjaga dan melestarikan pembangunan yang saat ini sudah terwujud.
 
Sesuai tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019, yakni SDM Unggul Indonesia Maju, bermakna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan unggul akan sangat mendukung kemajuan pembangunan Indonesia, khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Karena pembangunan Sumber Daya Manusia merupakan kunci keberhasilan dan kesuksesan pembangunan Indonesia, khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti di masa depan," ujar Inspektur Upacara.
 
Upacara HUT RI Ke-74 di Desa Banglas juga dihadiri oleh para tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sedangkan peserta upacara berasal dari unsur BPD, para Kepala Dusun, staf Pemerintah Desa dan unsur lembaga masyarakat seperti LPMD, PKK, para Ketua RW dan RT, serta Majelis guru dan siswa siswi sekolah yang berada di Desa Banglas, juga para Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dari UNRI dan UIN Suska Riau. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com