Badai Petir Tewaskan 5 Orang dan Ratusan Luka-luka

Dibaca: 100 kali  Jumat,23 Agustus 2019 | 06:28:00 WIB

Badai Petir Tewaskan 5 Orang dan Ratusan Luka-luka
Ket Foto : Helikopter TOPR (Tatra Volunteer Search and Rescue) ikut serta dalam operasi penyelamatan setelah badai di Pegunungan Tatra, di Zakopane, Polandia Kamis. Foto REUTERS

POLANDIA — Badai petir terjadi Polandia dan kawasan Pegunungan Tatra, Slovakia pada Kamis (22/8/2019). Petir itu menyebabkan lima orang tewas dan lebih dari 100 orang lainnya luka-luka.
 
Menurut otoritas setempat, petir itu menghantam sebuah salib logam yang berada di atas Gunung Giewont. Selain itu, petir juga menyambar rantai logam di kawasan trekking.
 
Korban sebagian besar adalah pejalan kaki yang tengah berangkat untuk mendaki gunung tertinggi di Polandia.
 
"Kami mendengar bahwa setelah petir menyambar, orang-orang jatuh, arus kemudian berlanjut ke sepanjang rantai pengamanan pendakian, menyerang semua orang di sepanjang jalan. Itu terlihat buruk," kata Kepala Layanan Penyelamatan Gunung Polandia Krzysztof, seperti dilansir The Guardian, Jumat (23/8/2019).
 
Di antara lima orang yang tewas, dua di antaranya adalah anak-anak. Empat di antara mereka tersambar petir di Polandia, dan satu di Slovakia.
 
"Lebih dari 100 orang terluka," kata Perdana Menteri Polandia Mateusz Morwiecki dilansir The Guardian, Jumat (23/8/2019).
 
Morwiecki menambahkan beberapa orang yang terluka berada dalam kondisi yang sangat serius, menderita luka bakar, hingga cedera kepala.
 
Dengan bantuan helikopter, korban yang terluka telah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com