Kepulauan Meranti Tuan Rumah MTQ Riau Tahun 2020

Dibaca: 176 kali  Senin,26 Agustus 2019 | 03:11:00 WIB

Kepulauan Meranti Tuan Rumah MTQ Riau Tahun 2020
Ket Foto : Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim

MERANTI - Kabupaten Kepulauan Meranti akan menjadi Tuan Rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau Tahun 2020 mendatang. Untuk itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim meminta semua pihak melakukan berbagai persiapan.
 
"Tahun 2020 Kepulauan Meranti akan menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Riau. Hal itu berdasarkan keputusan hasil rapat LPTQ Provinsi Riau beberapa waktu lalu di Pekanbaru," ungkap Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, Senin (26/8/2019).
 
Dengan telah ditunjuknya Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai tuan rumah MTQ Riau Tahun 2020, Wabup Said Hasyim meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah terkait yang dipimpin Sekretaris Daerah dapat mempersiapkan segala sesuatunya.
 
"Saya minta Bappeda dapat merencanakan dengan baik begitu juga OPD terkait yang diketuai oleh Sekda," pinta Wabup.
 
Hal yang tidak kalah penting, ujar Wabup, yakni adanya peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan agar saat pelaksanaan MTQ Riau itu nanti Kepulauan Meranti terlihat bersih, indah dan asri.
 
Wakil Bupati mengingatkan kepada masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan ditindak tegas sesuai Peraturan Daerah yang berlaku oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja.
 
"Kepada Satpol PP selain menegakkan Perda juga memantau masyarakat yang membuang sampah sembarangan dengan melakukan penindakan. Perda-nya sudah ada silahkan dijalankan," tegas Wabup.
 
Untuk mengawasi masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan, Pemkab Kepulauan Meranti berencana akan memasang CCTV di area tertentu, yang dalam hal ini Wabup meminta Dinas Lingkungan Hidup untuk segera merealisasikannya.
 
Selain memasang CCTV, Dinas Lingkungan Hidup juga diminta mambuat manajemen pengelolaan sampah yang baik dengan memberdayakan seluruh petugas kebersihan, yang seperti laporan warga kepada Wabup banyak yang tidak bekerja.
 
"Kepada Dinas Lingkungan Hidup atur manajemen yang baik tentang pengelolaan sampah, dan kepada petugas kebersihan dapat memaksimalkan tugas, karena dari laporan yang saya terima banyak yang tidak bekerja," jelas Wabup.
 
Selain itu Wabup meminta juga peran aktif Camat, Lurah dan Kepala Desa dapat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Begitu juga Ormas dan LSM dapat membuat gerakan malu membuang sampah sembarangan.
 
"Jadikan momentum persiapan MTQ Riau Tahun 2020 untuk menjadikan Kepulauan Meranti bersih bebas sampah," ucapnya mengakhiri. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com