OPD di Meranti Diminta Segera Laksanakan Program APBD-P 2019

Dibaca: 41 kali  Senin,02 September 2019 | 01:19:00 WIB

OPD di Meranti Diminta Segera Laksanakan Program APBD-P 2019
Ket Foto : Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim dalam pidatonya saat menjadi Pembina Upacara Senin (2/9/2019), menginstruksikan seluruh OPD untuk segera melaksanakan program pembangunan yang telah direncanakan dalam APBD-P 2019.
 
Dikatakannya, saat ini sudah bulan September 2019 dan APBD-P sudah disahkan, untuk itu seluruh OPD diminta segera melanjutkan program pembangunan yang telah direncanakan sesuai dengan kekuatan anggaran yang ada.
 
Wabup mengingatkan, yang terpenting agar semua kegiatan dapat berjalan sesuai harapan, para penanggung jawab kegiatan agar terus melakukan pengawasan secara baik agar tidak berimplikasi pada masalah hukum.
 
"Jangan lupa kepada penanggung jawab kegiatan agar benar-benar dapat mengawasi, jangan sampai tersangkut masalah hukum," ujarnya lagi.
 
Menyangkut penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan, jelas Wabup, harus disesuaikan dengan petunjuk Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi. Dimana setiap program yang dibuat oleh OPD mewakili Visi dan Misi Kepala Daerah yang berorientasi pada azas manfaat dan efisiensi.
 
"Kepada semua OPD untuk dapat membuat program kegiatan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kemenpan RB. Terutama dalam menyusun SAKIP karena dari evaluasi terakhir masih banyak yang belum sesuai," ungkapnya.
 
Selain itu Wakil Bupati mengaku mulai gerah melihat oknum PNS maupun Non PNS yang sering tidak hadir dalam Upacara Senin pagi. Untuk memberikan efek jera Wabup menginstruksikan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk segera memproses oknum bersangkutan.
 
"Bagi pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan jelas saya minta kepada BKD untuk diproses," ujar Wakil Bupati.
 
Ketidakhadiran tanpa alasan yang jelas dikatakan Wabup adalah PNS maupun Non PNS yang tidak menandatangani absensi tanpa keterangan seperti Sakit, Dinas atau lainya. Dan bagi yang sedang melaksanakan Perjalanan Dinas harus disertai dengan izin dari pimpinan.
 
Prilaku tak elok yang acap kali dilakukan oleh Pegawai dengan menandatangani absen rekan kerja juga turut dikomentari oleh pejabat yang sudah lama di dunia birokrasi ini. Wabup mengingatkan kepada yang hadir jangan coba-coba menandatangani absensi Pegawai yang tidak hadir.
 
"Kita sudah memberikan kesempatan kepada Pegawai untuk menandatangani absen sebelum Upacara dimulai, setelah itu tidak diperkenankan lagi menandatangani absen. Dan kepada Pegawai yang hadir jangan menandatangani absen yang tidak hadir," tegasnya.
 
Selanjutnya dalam rangka harmonisasi program kegiatan ditiap OPD sesuai dengan amanat Kemenpan RB, Wabup langsung menggelar rapat dengan seluruh Kepala OPD dan Bagian yang digelar diruang Rapat Melati, dalam rapat itu tampak Wabup memberikan pengarahanan kepada seluruh Pimpinan OPD terkait penyusunan dan pelaksanaan SAKIP di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com