Bupati Irwan Wajibkan Semua Kepala OPD Paham Job Description

Dibaca: 296 kali  Kamis,12 September 2019 | 07:01:00 WIB

Bupati Irwan Wajibkan Semua Kepala OPD Paham Job Description
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi menyampaikan arahannya

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus beraya meraih Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) A, caranya dengan pembenahan menyeluruh pada semua program yang dijalankan oleh OPD yang menekankan pada aspek Efektifitas dan Efisiensi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Agar target tersebut dapat dibutuhkan pejabat yang paham akan Gambaran Tugas (Job Description) masing-masing.
 
Hal itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan M.Si dalam pengarahannya kepada seluruh Kepala OPD dan Camat serta Kepala Desa Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/9/2019).
 
Dijelaskan Bupati Irwan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini telah meraih Nilai SAKIP BB atau B Plus, untuk kedepan Ia menargetkan Nilai SAKIP A, untuk meraih Nilai SAKIP sempurna bukan perkara yang mudah, diperlukan penganggaran dan pelaksanaan program kerja yang efektif dan efisien berbasis manfaat dan sinergi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
 
Satu kata kunci yang diberikan Bupati dalam menyusun anggaran kegiatan di tiap OPD yakni dengan mengedepankan daftar kebutuhan bukan berdasarkan keinginan dari OPD agar tidak terjadi pemubaziran dan pemborosan anggaran.
 
Lebih jauh dikatakan Bupati Irwan yang menjadi fokus penilaian SAKIP adalah seberapa besar pelaksanaan program yang dijalankan Pemerintah Daerah mampu menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Untuk menyusun program kegiatan OPD seperti yang diamanatkan oleh Menpan-RB tersebut, setiap Pejabat di OPD harus memahami gambaran tugasnya masing-masing. Dan Bupati menegaskan pemahaman akan Job Description merupakan sebuah hal yang wajib bagi semua pejabat khususnya Pejabat Eselon II atau Kepala Dinas/Badan.
 
"Saya minta Pejabat Eselon II dapat memahami Job Description yang dijalankan setiap hari, sehingga dapat menyusun SAKIP dengan baik dan tidak melihat SAKIP sebagai suatu hal yang sulit," ujar Bupati.
 
Dari informasi yang diterima Bupati banyak Pejabat Eselon II yang kesulitan menyusun SAKIP karena kurang memahami Job Description dan sangat tergantung pada Kasubbag Program. Jika terjadi mutasi Jabatan pada Kasubbag Program otomatis penyusunan SAKIP di OPD bersangkutan menjadi tidak jelas.
 
Penyusunan SAKIP yang baik di tiap OPD, ditegaskan Bupati akan memberikan dampak yang besar pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Karena akan membuat belanja kegiatan menjadi efisien dan sisanya dapat dipergunakan untuk membangun fasilitas umum, menekan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Kedepan Bupati meminta penerapan SAKIP bukan saja dilakukan di OPD Pemkab Kepulauan Meranti, tetapi juga di tingkat Pemerintahan Desa sehingga Dana Desa yang semakin besar dapat semakin menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat di tingkat Desa.
 
Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si juga menginginkan meskipun Meranti merupakan daerah yang terisolir namun memiliki tata kelola pemerintahan yang baik yang bisa diandalkan. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com