Tips Keuangan: Sisihkan Anggaran Ngopi untuk Investasi

Dibaca: 45 kali  Sabtu,21 September 2019 | 02:55:00 WIB

Tips Keuangan: Sisihkan Anggaran Ngopi untuk Investasi
Ket Foto : Gunakan bonus akhir tahun untuk investasi. Foto Unsplash

Aktivitas ngopi atau sekadar pesan minuman boba memang menyenangkan. Namun pengeluaran keuangan rutin yang tampak sepele itu, ternyata bisa dijadikan anggaran investasi yang menguntungkan.
 
Perencana Keuangan sekaligus founder ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, memperkenalkan konsep pengaturan keuangan itu dalam HAPSARI (Hanya Perlu Selembar dalam Sehari).
 
Dia mensimulasikan untuk menyisihkan Rp 10 ribu per hari, maka dalam setahun bisa mengumpulkan dana sebesar Rp 3,56 juta dan 10 tahun mendatang bisa Rp 35,6 juta.
 
Jumlah dana tersebut belum termasuk return investasi sebesar 7 hingga puluhan persen per tahun, tergantung instrumen investasinya.
 
"Kalau misalnya kita doyan banget ngopi atau doyan boba-boba gitu, sebenarnya juga enggak harus kita tinggalkan sama sekali. Tetapi kita atur misalnya Senin beli, Selasa enggak, Rabu beli, Kamis enggak, jadi dari enggak kita beli aja, 30 ribu dikali 16 hari itu misalnya udah dapat Rp 480 ribu lho, itu nanti bisa diinvestasikan," ujar Prita, Sabtu 21 September 2019, dilansir Kumparan.
 
Lantas, apa investasi yang cocok?
 
Menurut Prita, hal itu tergantung pada profil risiko masing-masing. Namun, Ia menyarankan investasi itu bisa dalam beberapa instrumen.
 
Misalnya saja, bisa memulai dengan reksadana yang sudah bisa dimulai dengan hanya modal ratusan ribu. Atau saham yang kini makin murah dan mudah pakai aplikasi.
 
"Nabung emas juga bisa, sekarang udah pakai aplikasi, bagaimanapun juga harus masuk dalam portofolio kita. Karena kalau IHSG itu lagi rontok, masih akan bertahan," pungkasnya. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com