Penggunaan DD dan ADD Harus Dimusyawarahkan Bersama BPD

Penggunaan DD dan ADD Harus Dimusyawarahkan Bersama BPD
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, memasang tanda jabatan kepada Kepala Desa Mengkikip, Tarmizi
MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, melantik Kepala Desa Mengkikip, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Tarmizi, di halaman Kantor Desa Mengkikip, Rabu 16 Oktober 2019. Wabup mengingatkan Kades agar berhati-hati dalam penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).
 
"Agar tidak menimbulkan masalah hukum, dalam penyusunan program harus melibatkan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD)," ujar Wakil Bupati.
 
Wabup Said Hasyim juga berpesan kepada Kades untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dan mulai detik itu segala bentuk persaingan yang terjadi di tengah masyarakat dibuang jauh-jauh.
 
"Saya harap Kades dapat bekerja dengan baik sesuai sumpah yang diucapkan, usai pelantikan ini tidak ada lagi blok-blok atau kelompok, diharapkan semua dapat menjadi pendukung Kades terpilih," harapnya.
 
Menurut Wabup, pelantikan Kades ini pada hakekatnya bukan untuk kelompok pemenang saja, tapi mewakili semua masyarakat Desa Mengkikip secara keseluruhan.
 
Adapun program yang harus dijalankan Kades meliputi berbagai bidang, baik pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, SDM, SDA dan lainnya.
 
Lebih jauh dikatakan Wabup, penggunaan Dana Desa terbesar memang diperuntukan untuk infrastruktur sarana dan prasarana, namun Dana Desa juga digunakan untuk menstimulan kreatifitas masyarakat melalui PKK, pemberdayaan ekonomi masyarakat, Posyandu dan lainnya.
 
Wabup juga mengingatkan kepada Kades jangan sampai takut menggunakan Dana Desa karena dana itu memang untuk digunakan membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.
 
Selanjutnya kepada masyarakat Wabup mengingatkan bahwa yang dapat membangun Desa adalah masyarakat sendiri, untuk itu ia meminta masyarakat lebih kreatif dengan meningkatkan sinergitas bersama Kades apalagi untuk meraih dana Kabupaten, Provinsi dan Pusat.
 
"Jangan tunggu Kades mengarahkan tapi masyarakat harus kreatif, kuncinya pada masyarakat," tegas Wabup.
 
Wabup juga menyinggung masalah pemberdayaan masyarakat di bidang Perikanan Nelayan, saat ini Dinas Perikanan melalui tenaga pendamping dapat memfasilitasi bantuan kredit lunak dengan bunga 3 persen.
 
"Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengembangkan potensi perikanan Desa," ujarnya.
 
Usai acara pelantikan Kepala Desa Mengkikip, Wabup Said Hasyim meninjau Jalan Pelabuhan Mengkikip dan SD Negeri 012 Mengkikip, untuk melihat kondisi terkini proyek jalan pelabuhan yang diprediksi akan menghabiskan dana sebesar 250 juta lebih. (rls/red)

Berita Lainnya

Index