Duta Besar Malaysia Bahas Investasi, Pendidikan hingga Pariwisata di Riau

Duta Besar Malaysia Bahas Investasi, Pendidikan hingga Pariwisata di Riau
Pertemuan Duta Besar Malaysia dengan Gubernur Riau di Pekanbaru
PEKANBARU - Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar bersilaturahmi dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Pertemuan yang digelar di Kantor Gubernur Riau ini membahas berbagai persoalan, mulai dari ekonomi, investasi pariwisata, pendidikan termasuk soal Roro Dumai-Malaka.
 
Pertemuan yang juga dihadiri Konsul Malaysia Wan Nurshimah Wan Jusoh beserta rombongan ini berlangsung akrab. Dubes negeri jiran tersebut berharap, jalinan hubungan yang sudah terlaksana selama dapat lebih dikembangkan lagi di masa akan datang.
 
"Kami ini datang selain bersilaturahmi, juga ingin melihat perkembangan pesat yang berlaku di Pekanbaru. Dalam aspek ekonomi juga. Kemudian juga ingin melihat peluang Investasi, perdagangan, perekonomian, pariwisata serta pendidikan tinggi," kata Dubes Malaysia, Jumat 25 Oktober 2019.
 
Peluang-peluang yang mungkin dapat dicapai lebih banyak lagi mesti digalakan antar negara serumpun tersebut. Apalagi banyaknya kesamaan dalam pengembangan peluang usaha antara Malaysia dan Indonesia, khususnya Riau.
 
Karena itu, untuk mewujudkannya, Dubes Malaysia ingin ada tindaklanjut kedepannya.
 
"Jadi selepas ini kita akan susuli dengan instansi pejabat dibawah Gubernur, kita coba lebih spesifik kerja sama dimasa yang akan datang," ujar Dubes Malaysia.
 
Sementara Gubernur Riau menyatakan berbagai persoalan dibahas baik investasi, pendidikan, pariwisata sudah berjalan baik selama ini. Harapan agar lebih baik lagi ke depan tentu juga bagian dari harapan Riau.
 
Dari aspek pendidikan, sedikitnya 200 mahasiswa Malaysia berkuliah di Riau. Pertukaran pelajar, guru dan dosen sudah dilakukan. Begitu juga lainnya dari aspek investasi, Riau juga terus memberi ruang untuk memanfaatkan peluang-peluang yang ada.
 
Untuk Roro Dumai - Malaka, bagian konektivitas kedua belah pihak yang diharapkan dapat terwujud. Dimana menurut orang nomor satu di Riau ini, Malaka sendiri masih minta jeda, diperkirakan triwulan ketiga 2020 diperkirakan sudah siap.
 
"Roro Dumai Malaka. Ini bagian dari konektivitas yang dibahas. Malaka masih minta jeda, diperkirakan triwulan ketiga 2020 sudah siap," papar Gubri Syamsuar. (mcr/red)

Berita Lainnya

Index