Seluruh Elemen Masyarakat Berperan Berantas Narkoba

Dibaca: 243 kali  Selasa,03 Desember 2019 | 11:43:00 WIB

Seluruh Elemen Masyarakat Berperan Berantas Narkoba
Ket Foto : Pembukaan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), di Hotel Indobaru, Jalan Diponegoro, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa 3 Desember 2019

MERANTI – Upaya pemberantasan narkotika dan obat obatan terlarang tidak hanya dibebankan sepenuhnya kepada aparat Kepolisian, namun seluruh elemen masyarakat berperan dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan Narkoba.
 
Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) H. Edi Afrizal Natar Nasution, S.IP, saat membuka sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), di Hotel Indobaru, Jalan Diponegoro, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa 3 Desember 2019.
 
Wakil Gubernur mengungkapkan, wilayah Riau merupakan daerah terbesar kelima di Indonesia sebagai produsen dan konsumen Narkoba, sehingga seluruh pihak harus mengambil langkah konkrit untuk menyelamatkan generasi bangsa.
 
Dikatakannya, saat ini ada beberapa zat sejenis narkoba yang tidak termasuk ke dalam kategori Narkoba, sehingga menyulitkan aparat penegak hukum untuk melakukan penindakan.
 
"Untuk itu kalangan pelajar atau generasi muda harus bisa menjadi duta pemberantasan Narkoba, agar generasi muda bebas dari penyalahgunaan Narkoba," harapnya.
 
Wakil Gubernur juga membeberkan, saat ini dari 80 persen penghuni lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara di Provinsi Riau merupakan para pelaku tindak pidana Narkoba.
 
Sebagaimana informasi Humas Polres Kepulauan Meranti, acara pembukaan sosialisasi yang dimulai pukul 08.00 WIB itu berakhir pada pukul 09.30 WIB.
 
 
Turut hadir pada acara itu, Kaban Kesbangpol Riau, Drs. H. Chairul Riski, MS. MP, Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim, M.Si, Kasubdit Bintibsos Dit Binmas Polda Riau, AKBP Zulkifli Yung, SH, MH, Kabinda Riau diwakili Korwil 3 BIN Daerah Riau, LETKOL Inf Ivans Romel.
 
Kemudian Kajati Riau diwakili Jaksa Fungsional Bidang Intelijen, Taufiq Amri, SH, Penyuluh Non PNS Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau Alpian, SE. MSi, Direktorat Ketahanan Ekonomi dan Budaya Ditjen Polpum Kemendagri, Drs. CM. Tri Jaladara.
 
Selanjutnya hadir Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK, MH, Danramil 02 Tebing Tinggi, Mayor Inf Irwan, Kakan Kesbangpol Kepulauan Meranti, Tanrizal Harahap, M.Si, Ketua DPC Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Kepulauan Meranti, Darma, Ketua DPC Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kepulauan Meranti, Zainuddin Hasibuan dan para peserta dari kalangan pelajar SMP dan SMA.
 
Acara pembukaan diakhiri dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh narasumber kepada peserta. (santo)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com