Barcelona Jadi Klub dengan Uang Hak Siar Terbanyak di La Liga 2018/19

Dibaca: 47 kali  Sabtu,14 Desember 2019 | 04:30:00 WIB

Barcelona Jadi Klub dengan Uang Hak Siar Terbanyak di La Liga 2018/19
Ket Foto : Lionel Messi saat merayakan gol untuk Barcelona. Foto REUTERS

Barcelona menjadi tim La Liga yang paling banyak mendapatkan duit dari hak siar televisi di edisi 2018/19. Oh, ya, hak siar itu meliputi pertandingan liga dan seluruh laga Copa del Rey -- kecuali final.
 
Dilansir kumparan dari data yang dirilis La Liga, Lionel Messi dan kawan-kawan mendapatkan uang sebesar 166,5 juta euro. Angka itu bertambah 12 juta euro dari pendapatan mereka pada musim sebelumnya.
 
Lalu, siapa yang menempati posisi kedua? Well, siapa lagi kalau bukan Real Madrid. Mereka mendapatkan 155,3 juta euro. Ketiadaan Cristiano Ronaldo nyatanya tak membuat mereka kalah pamor dari rival sekotanya, Atletico Madrid. Los Colchoneros mengumpulkan pendapatan sebesar 119,2 juta euro dan berada di posisi ketiga.
 
Cuma tiga tim teratas saja yang mampu meraup uang hak siar lebih dari 100 juta euro. Sevilla di peringkat keempat 'cuma' mendapat 80,1 juta euro, disusul Valencia di angka 78,7 juta euro dan Athletic Bilbao dengan 74,8 juta euro di peringkat keenam.
 
Sementara Huesca jadi klub dengan pendapatan terendah di angka 44,2 juta euro atau cuma seperempat dari honorarium Barcelona.
 
Perlu diketahui, kesenjangan pendapatan para klub raksasa dengan tim-tim kecil itu sudah lumayan terpangkas. Rasio pendapatan keduanya bisa berjarak sekitar 12:1 di musim-musim sebelumnya.
 
Hal itu terkait dengan penerapan Undang-Undang Keputusan Kerajaan Spanyol tahun 2015 --soal kebijakan La Liga untuk menghentikan penjualan hak secara individu dan kembali ke penjualan kolektif.
 
Artinya, 50 persen dari pendapatan hak siar La Liga dibagi rata kepada 20 klub kontestan dan setengahnya lagi dibagi berdasarkan pencapaian masing-masing klub dalam lima musim terakhir. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com