Humas Polri Akan Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Dibaca: 307 kali  Rabu,18 Desember 2019 | 10:28:00 WIB

Humas Polri Akan Dipimpin Jenderal Bintang Tiga
Ket Foto : Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Mohammad Iqbal saat diwawancarai wartawan di Bareskrim. Foto Kumparan

JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis berencana membentuk Divisi Humas menjadi Badan Humas (Bahumas) yang dipimpin jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi. Hal itu berdampak pada struktural di dalamnya yang akan memiliki 6 jenderal.
 
Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan, proses tersebut mesti disetujui Menteri PANRB. Bila disetujui, Badan Humas akan memiliki 6 jenderal yakni 1 Komjen, 1 Irjen dan 4 Brigjen.
 
"Kabahumasnya akan berpangkat bintang tiga, ini juga kan masih konsep nanti juga ada wakabahumas, 6 pati bintang satu yang tadinya kurang, nomenklaturnya kita ubah," kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/12) kemarin dilansir Kumparan.
 
Iqbal mengaku saat ini tengah menggodok naskah akademik Bahumas. Ia menyebut, di dalam Bahumas akan ada Direktur, Karorenmil dan Karobinops. Status Karopenmas pun berubah menjadi Direktur Penerangan.
 
"Yang tadinya direktur karopenmas jadi direktur penerangan, ada direktur informasi, ada direktur pemberitaan, ada direktur kemitraan, di bawahnya nanti tetapi masih ada karo," ujar Iqbal.
 
"Ada dua, karorenmil untuk akomodasi pekerjaan staff administrasi, dan karobinops untuk mengakomodir tugas operasional," tambah mantan Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru ini.
 
Menurut Iqbal, progres terwujudnya Bahumas dapat ditargetkan dalam 1 tahun. Meski begitu, naskah akademik mesti diproses di internal Polri hingga MenPANRB.
 
Sebelumnya, Irjen Pol M Iqbal mengatakan, dalam arahan Kapolri, hal pertama yang menjadi sorotan adalah Divisi Humas Polri. Bagian tersebut dianggap perlu dikembangkan.
 
"Saat commander wish Pak Kapolri, commander wish pertama, beliau menyampaikan saya diperintahkan beliau untuk mengembangkan Divisi Humas menjadi Badan Humas. Jadi Kepala Divisi Humas menjadi Kepala Badan Humas atau Kabahumas, dipimpin bintang tiga," kata mantan Wakapolres Dumai ini. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com