Ketua INSA Dumai Sambut Baik Hadirnya PT. KBS selaku KSO BUMD PT. PDB

Dibaca: 679 kali  Rabu,26 Februari 2020 | 01:44:00 WIB

Ketua INSA Dumai Sambut Baik Hadirnya PT. KBS selaku KSO BUMD PT. PDB
Ket Foto : Sosialisasi Rencana Pekerjaan Pelimpahan Pemanduan dan Penundaan di wilayah Pelabuhan Dumai oleh PT. KBS, di Ruang Rapat Kepala KSOP Kelas I Dumai, Rabu 26 Februari 2020

DUMAI - Ketua DPC Indonesian National Shipowners Association (INSA) Kota Dumai, Herman Buchari, S.IP, menyambut baik hadirnya PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS), anak perusahaan BUMN Krakatau Steel, selaku perusahaan kerjasama operasional (KSO) BUMD PT. Pelabuhan Dumai Berseri.
 
"Menyambut baik. Akan ada kompetisi pelayanan terbaik sesama operator pemanduan," ujar Herman, usai menghadiri undangan Walikota Dumai pada acara Sosialisasi Rencana Pekerjaan Pelimpahan Pemanduan dan Penundaan di wilayah Pelabuhan Dumai oleh PT. KBS, di Ruang Rapat Kepala KSOP Kelas I Dumai, Rabu 26 Februari 2020.
 
Menurut Herman, kehadiran PT. KBS selaku KSO Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Pelabuhan Dumai Berseri (PDB), akan memberikan harapan bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Dumai, sehingga dapat bermanfaat langsung bagi pembangunan daerah.
 
"Kita berharap dengan adanya kerjasama operasional BUMD PT. Pelabuhan Dumai Berseri dengan PT. KBS ini juga akan menggenjot PAD Kota Dumai, bagi mendukung program pembangunan daerah," kata Herman kepada jurnalmadani.com.
 
Dikatakannya, selama ini BUMD PT. PDB yang sudah lama berdiri belum maksimal meraup peluang pendapatan asli daerah dalam pelayanan jasa Pemanduan dan Penundaan Kapal di wilayah Pelabuhan Dumai. Pelayanan jasa itu dikelola oleh PT. Pelindo (BUMN) dan PT. Pelabuhan Tiga Bersaudara (swasta).
 
"Intinya para stakeholders menyambut baik rencana kehadiran usaha pemanduan di perairan Dumai. Dapat tercipta persaingan usaha yang sehat, efisien dan pelayanan kapal yang unggul, sehingga jam tunggu pandu makin dapat diperkecil," ujarnya lagi.
 
Terungkap dalam sosialisasi itu, PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS), anak perusahaan BUMN Krakatau Steel berpusat di Cilegon, Provinsi Banten, yang saat ini masih dalam proses perizinan dari Kementerian Perhubungan untuk menjalankan operasionalnya di wilayah Pelabuhan Dumai.
 
"Nantinya izin-izin atas nama PT. KBS, karena PT. KBS punya sarana dan prasarana yang lengkap. Syarat untuk mendapatkan izin Kemenhub itu sangat komplit dan butuh modal yang besar," beber Herman.
 
Sosialisasi itu dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai, Herdi Salioso, dan dihadiri Direktur Pengembangan Usaha PT. KBS, Teddy Khairuddin, Kepala Kantor KSOP Kelas I Dumai, Drs. Herwanto, MM, Ketua INSA Dumai, Herman Buchari serta para stakeholders lainnya. (santo)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com