Mahmuzin: Kepulauan Meranti Bisa Jadi Poros Ekonomi Maritim wilayah Timur Sumatera

Mahmuzin: Kepulauan Meranti Bisa Jadi Poros Ekonomi Maritim wilayah Timur Sumatera
Penasehat Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta, Mahmuzin Taher, saat memberikan kuliah umum di sekolah tinggi itu baru baru ini
MERANTI - Bakal calon Bupati Kepulauan Meranti, Mahmuzin Taher mengatakan, Kabupaten Kepulauan Meranti bisa menjadi poros ekonomi maritim wilayah timur Sumatera, yang bermanfaat langsung bagi peningkatan perekonomian masyarakat.
 
Hal itu diungkapkan Mahmuzin Taher, saat berdiskusi dengan para wartawan Kabupaten Kepulauan Meranti, di Posko MT Jalan Amelia, Selatpanjang, belum lama ini.
 
"Dibandingkan daerah sekitar yang geliat ekonominya berkembang seperti Dumai, Tanjungbalai Karimun dan Batam, sesungguhnya Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki keunggulan tersendiri, yang daerah sekitar itu tidak miliki," ujar Mahmuzin Taher.
 
 
Keunggulan itu, jelasnya, yakni daerah Kepulauan ini memiliki sumber daya komoditi perkebunan dan pertanian yang sebagian besarnya masih dikuasai oleh masyarakat, bukan oleh korporasi. Disamping daerah ini juga memiliki Sumber Daya Alam lainnya.
 
"Karena komoditi unggulan Kepulauan Meranti sebagian besarnya masih dikuasai oleh masyarakat, maka sebenarnya bisa lebih mudah bagi Pemerintah Daerah untuk mengangkat perekonomian masyarakat dari sektor perkebunan dan pertanian, tinggal lagi realisasi kebijakan dengan strategi, bukan sekedar retorika," kata Mahmuzin.
 
 
Menurut anak jati Desa Lalang Tanjung, Kepulauan Meranti, yang juga menjadi salah satu Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Pusat bidang Hubungan Luar Negeri ini, keunggulan yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Meranti sangat menjadi kebutuhan bagi daerah lainnya.
 
"Kabupaten Kepulauan Meranti terletak di wilayah geografis yang strategis dan memiliki keunggulan produksi perkebunan dan pertanian yang dibutuhkan oleh daerah sekitar hingga ke pulau jawa, bahkan negara tetangga Malaysia dan Singapura, disamping banyak potensi ekonomi lainnya yang bisa kita kembangkan," jelasnya.
 
 
Sebagai salah satu praktisi Ekonomi Maritim dan Logistik Indonesia yang juga Pengurus Asosiasi Pemilik Kapal Indonesia (INSA), Mahmuzin Taher optimis dapat menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai poros ekonomi maritim wilayah timur Sumatera.
 
"Masalah perekonomian masyarakat jadi fokus utama saya. Bila perekonomian masyarakat baik dan sejahtera, dunia usaha pun bergairah, maka sektor pembangunan lainnya akan lebih mudah dibenahi menjadi baik pula," pungkasnya. (santo)

 

Berita Lainnya

Index