APDESI Rohul Ajak Seluruh Desa Antisipasi Dini Penyebaran Covid-19

APDESI Rohul Ajak Seluruh Desa Antisipasi Dini Penyebaran Covid-19
Ketua APDESI Rohul Zulfahrianto, SE dan Sekretaris Maisar

PEKANBARU-Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengajak seluruh desa untuk melakukan antisipasi dini terhadap penyebaran Virus Corona Covid -19 di wilayah administrasi desanya masing-masing. Pemerintahan Desa merupakan garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Demikian ditegaskan Ketua APDESI Rohul, Zulfahrianto, SE didampingi Sekretaris Maisar kepada wartawan Rabu, 25 Maret 2020. Dikatakannya, secara dini hendaknya setiap desa melakukan tindakan-tindakan antisipatif guna menangkal penyebaran virus yang mematikan ini. Pihaknya, mengapresiasi langkah desa-desa yang sudah dahulu melakukan tindakan antisipatif terhadap penyebaran Virus Covid 19 ini.

"Allhamdulilah hingga saat ini di Kabupaten Rokan Hulu belum ditemukan kasus positif Covid -19. Walaupun demikian tidak tertutup kemungkinan kampung kita juga bisa terjangkiti, karena tingginya mobilitas dan susahnya untuk mendeteksi orang-orang yang terjangkiti," tegas Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Rohul ini.

Dilanjutkannya, banyak sekali sumber daya desa yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan antisipasi terhadap penyebaran virus corona ini. Seperti, memberikan edukasi dan kampanye pemerintah terhadap program social distancing dan menjauhi tempat-tempat keramaian yang berpotensi terjadinya proses penularan.

"Saya rasa anggaran desa pun tidak masalah diarahkan untuk program-program terkait covid 19 ini. Karena pemerintah pusat pun sudah memberikan signal untuk ini," tegasnya. (faisal)

Berita Lainnya

Index