HNSI Kepulauan Meranti Serahkan Ratusan Paket Sembako Untuk Nelayan

HNSI Kepulauan Meranti Serahkan Ratusan Paket Sembako Untuk Nelayan
Ketua HNSI Kepulauan Meranti, Rony Samudra SH dan Sekretaris, M Qarafi saat menyerahkan paket Sembako kepada nelayan di Desa Bantar, Kecamatan Rangsang Barat
MERANTI - Akibat adanya Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) membuat semua sektor perekonomian menjadi lemah. Jelas hal ini juga sangat berimbas kepada ratusan nelayan yang menggantungkan hidupnya dari hasil melaut.
 
Sebagai bentuk kepedulian terhadap nelayan, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kepulauan Meranti menyalurkan paket Sembako kepada ratusan nelayan yang berada di sembilan kecamatan.
 
Bantuan tersebut diharapkan bisa mengurangi beban para nelayan saat  Covid-19 seperti saat ini.
 
Tidak tanggung-tanggung, meskipun tidak mengandalkan pemerintah dan menggandeng pihak lain, HNSI Kepulauan Meranti berhasil menyalurkan satu ton beras dan bahan pokok lainnya seperti minyak goreng, gula dan teh yang dikemas dalam 200 paket.
 
Ketua HNSI Kepulauan Meranti, Rony Samudra SH mengatakan, pembagian Sembako ini dilakukan sebagai bentuk usaha untuk mengurangi kesulitan para nelayan.
 
Rony mengaku secara pribadi dirinya sangat prihatin melihat kehidupan nelayan. Terutama dalam situasi seperti sekarang ini. Dimana nelayan agak kesulitan menjual hasil tangkapan mereka karena permintaan melemah. Bantuan tersebut lanjut Rony merupakan wujud kepedulian HNSI kepada nelayan.
 
Dirinya berharap, mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu masyarakat nelayan yang sangat terdampak dengan pandemi Covid-19.
 
"Ini bentuk usaha kita merespon, berusaha meringankan sedikit beban nelayan kita yang kesulitan menjual hasil tangkapannya. Semoga lewat bantuan ini, sedikit banyak dapat mengatasi kesulitan para nelayan kita dalam menghadapi Covid-19, inilah bantuan yang bisa diberikan semampu kami, semoga ini menjadi berkah buat kita semua," kata Rony Samudra, Rabu (13/5/2020).
 
Dikatakan, HNSI adalah sebagai wadah untuk menampung aspirasi para nelayan. Untuk itu Rony mengatakan pihaknya akan membuka diri terhadap kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi nelayan.
 
"Apapun kebutuhan nelayan, HNSI siap untuk mengakomodirnya. Dan jika nelayan ada masalah, segera sampaikan dan HNSI juga siap menampungnya ," kata Rony.
 
Ditambahkan, HNSI Kepulauan Meranti juga akan menyediakan rumah singgah di Kota Selatpanjang bagi nelayan yang akan berurusan di ibukota kabupaten itu.
 
"Kedepan kita ada rencana menyediakan rumah singgah bagi para nelayan, nantinya rumah singgah itu bisa digunakan nelayan yang akan berurusan dan tempat tinggal bagi yang berobat," ujar Rony.
 
Dalam kesempatan yang sama, pengurus HNSI Kepulauan Meranti juga menyempatkan diri berkunjung ke rumah nelayan yang menjadi korban keganasan buaya di Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat.
 
Sambil menyerahkan paket Sembako, Ketua HNSI Kepulauan Meranti juga mengucapkan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.
 
"Kami turut belasungkawa terhadap musibah yang terjadi, semoga keluarga tabah menghadapi ini. Dan jika ada kebutuhan silahkan sampai ke kami, mudahan-mudahan bisa dibantu sesuai dengan kemampuan kami," pungkas Rony. (rls/santo)

Berita Lainnya

Index