Pemkab Kepulauan Meranti dan UIR Jalin Kerjasama

Dibaca: 107 kali  Senin,20 Juli 2020 | 11:41:00 WIB

Pemkab Kepulauan Meranti dan UIR Jalin Kerjasama
Ket Foto : Foto bersama

PEKANBARU - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Nasir MSi menyebut pasca sarjana Universitas Islam Riau (UIR) Small is Beautiful.
 
Pujian itu diucapkan Bupati Meranti ini ketika berkunjung ke UIR untuk melakukan penjajakan Nota Kesepahaman Memory of Understanding dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Memory of Agreement antara UIR dengan Sekretariat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (17/07/2020) kemarin.
 
Saat tiba di Gedung Pascasarjana Jalan Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia Provinsi Riau yang mengenakkan stelan jas abu-abu celana hitam, langsung menaiki anak tangga menuju ruang Direktur bersama Sekretaris Daerah Bambang Supriyanto SE MM.
 
"Selamat datang Pak Bupati," ucap Wakil Rektor I Dr H Syafhendry MSi disusul Direktur Prof Dr H Yusri Munaf SH MHum.
 
 
Sejurus, setelah dipersilahkan duduk, Irwan pun berkomentar, ''Beberapa kali saya pernah ke kampus UIR. Tapi hanya sampai ke Gedung Rektorat. Di pascasarjana ini yang pertama. Desain gedungnya unik. Menarik. Saya senang. Small is beautifull,'' tutur Irwan melontar pujian.
 
Irwan mengapresiasi kerjasama antara Universitas Islam Riau dengan Pemerintah Kabupaten Meranti. Kemudian kesepakatan Pascasarjana dengan Sekretariat Daerah.
 
"Saya senang bisa datang ke UIR untuk sebuah kerjasama," ujar Bupati.
 
Irwan menyampaikan, pihaknya sudah lama bekerjasama dengan UIR. Akan tetapi, kerjasama itu dilakukan secara personal bukan kelembagaan. Umpamanya dalam pemakaian tenaga ahli penyusunan rancangan peraturan daerah atau di bidang pertanian, jalan dan jembatan.
 
"Kami selalu menggunakan ahli-ahli dari UIR," katanya.
 
 
Menurut Irwan, kerjasama kelembagaan yang ditandatangani sekarang ini dapat diwujudkan oleh dinas-dinas terkait. Karena kerjasama ini cukup strategis. Apalagi Pemkab Meranti memiliki keterbatasan sumberdaya aparatur sementara tantangan yang dihadapi dalam membangun daerah, sangat berat.
 
"Banyak hal yang dapat direalisasikan untuk mempercepat akselerasi pembangunan di Meranti, termasuk meningkatkan sumberdaya aparatur sipil negara. Dan Kepulauan Meranti merupakan sebuah kabupaten yang geografisnya berhadapan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Juga Provinsi Kepulauan Riau. Jadi, kami membutuhkan aparatur sipil negara yang tangguh dan kompeten," terang Irwan.
 
 
Yang tak kalah penting, sebut Bupati, kondisi geografis daerah yang bergambut serta sangat menantang. Di satu sisi sangat baik untuk pengembangan potensi perkebunan sagu, di sisi lain membuat pembangunan infrastruktur menjadi berat. Kalau tak diimbangi dengan peningkatan kualitas ASN dan rencana yang terprogram, maka percepatan pembangunan akan berlangsung cukup lama.
 
Dari kerjasama ini, Irwan optimis UIR yang telah berpengalaman di bidang tri dharma perguruan tinggi dapat memberi solusi atas beragam masalah yang dihadapi Pemkab Kepulauan Meranti dalam membangun negeri.
 
 
Dikesempatan itu, Direktur Prof Yusri Munaf. Melalui kerjasama ini UIR mencoba mensinkronisasikan semua konsep dan teori untuk menyikapi dan memberi solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi Pemerintahan Kabupaten Meranti.
 
UIR, ujar Yusri Munaf, memiliki 559 dosen terdiri dari 12 orang guru besar dan 133 doktor. Sumberdaya ini menjadi motivasi bagi pascasarjana menyakinkan Pemerintah Daerah bahwa UIR bisa dan mampu merealisasikan item-item yang dikerjasamakan seperti tertuang dalam memory of agreement. Ke semua staf pengajar tersebut tersebar di tujuh program studi. Yakni Magister Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi, Agronomi, Agronisnis, Teknik Sipil dan program Doktoral Ilmu Hukum.
 
 
MoU UIR dengan Pemerintah Kabupaten Meranti ditandatangani oleh Rektor up. Wakil Rektor I Dr H Syafhendry bersama Bupati Irwan Nasir. Sementara MoA diteken oleh Prof Dr Yusri Munaf bersama Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, SE, MM.
 
Turut menyaksikan Wakil Direktur I Dr Rahyunir Rauf MSi, Wakil Direktur II Dr Effendi Ibnu Susilo SH MH, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Dr Surizki Febrianto, SH, MH, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Dr Fitri, Sekretaris UPM Dr Aryo Akbar SH MH. Dari Kabupaten Meranti hadir pula sejumlah kepala-kepala dinas. (adv)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com