Tips Sehat dan Fit Ala Pelatih PSPS Raja Isa

Tips Sehat dan Fit Ala Pelatih PSPS Raja Isa
Pelatih PSPS Raja Isa, Mr Kim dan sejumlah rekan saat bincang-bincang santai tentang tips sehat dan fit para pemain PSPS.
Proses pertumbuhan anak akan mengalami kemajuan secara proporsional apabila mengkonsumsi makanan yang sehat dan sempurna. Kebanyakan para orang tua mampu melakukan usaha apapun demi anak-anak mereka tumbuh sehat dan kuat. Tentu saja semua ini berawal dari apa yang anak-anak kosumsi sehari-hari. Tak jarang pula para orang tua akan menyediakan berbagai jenis makanan, buah, sayur dan suplemen untuk masa pertumbuhan anak. Ini memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi dimasa pandemi C-19 seperti saat ini, semua serba susah. Jangan risau, bak kata pepatah; tak ada rotan akarpun jadi, tak ada yang mahal yang murah sehat terjangkau pun banyak. 
 
Berikut ini penulis paparkan ulasan sederhana tentang cara Kosumsi Makanan Ala Atlet Olahraga yang sukses menjaga stamina dan prestasi dalam tubuhnya. Informsi ini adalah materi saat berdiskusi bersama Raja Isa sang Pelatih PSPS dan selanjutnya penulis sesuaikan dengan fakta-fakta yang valid.
 
1. Buah Pepaya dan Manfaatnya
 
Selain murah, buah pepaya juga mudah didapat bahkan bisa hidup dikebun atau pekarangan rumah dengan cara menanamnya ditanah yang ada atau dalam pot. Buah pepaya diyakini lebih bervitamin dibanding buah apel, pir, buah anggur dan buah naga juga buah impor lainnya. Mampu melancarkan pencernaan dan meningkatkan anti body juga pencegahan terhadap berbagai penyakit sehingga pertumbuhan tubuh anak bisa maksimal. Buah pepaya merupakan buah yang mengandung imunitas alami yang mampu Memperkuat sistem kekebalan tubuh, Memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh, menyehatkan tulang, Sebagai cadangan energi dan Memperbaiki daya tahan tubuh. Bila imun tubuh anak-anak kuat, tulangnya sehat, nutrisi tubuh terpenuhi maka tentu saja tubuh anak-anak akan tumbuh tinggi.
 
2. Perbanyak Makan Ikan
 
Negara kita adalah negara tropis maka tidak cocok bila anak-anak kita lebih banyak makan daging daripada ikan. Menu yang tepat adalah sediakan anak dengan menu daging dalam satu minggu hanya sekali dan itupun sebaiknya daging kambing. Ajarkan anak-anak kita gemar makan ikan baik ikan laut maupun ikan air tawar. Diantara banyak jenis ikan air tawar yang penuh dengan kalsium adalah ikan gabus atau ikan toman. Jenis ikan ini mudah didapat karena populasi mereka masih tersedia disekitar ruang lingkup hidup kita. Seperti dipaparkan oleh Hello Sehat ternyata banyak manfaat makan ikan diantaranya Membantu pertumbuhan, terutama pertumbuhan otak dan tulang anak, meningkatkan daya ingat dan kecerdasan anak, Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ikan dapat lebih meningkatkan efektivitas obat antidepresan, Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan juga dapat membantu mengatasi gangguan mental lainnya, seperti gangguan bipolar. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk fungsi otak yang sehat. Dengan penjelasan ini diharapkan para orang tua mampu memberi stimulus kepada anak-anak mereka untuk senang makan ikan.
 
3. Perbanyak Kosumsi Kentang dan Umbi-umbian
 
Makan apapun kalo belum makan nasi, belum kenyang. Ungkapan itu sering kita dengar bahkan bisa saja mayoritas penduduk Indonesia sepakat. Memang benar makanan pokok orang Indonesia adalah Nasi. Sah-sah saja, dan makanlah semau kita asal tetap jaga  kondisi tubuh dalam keadaan bugar. Selain makan nasi mari kita ajak anak-anak kita untuk kosumsi kentang. Harganya murah juga mudah dibeli bahkan bisa dipastikan setok kentang di bumi nusantara takkan pernah kehabisan. Pedagang grosir, kedai sayur bahkan pasar kagetpun banyak para penjual yang menyediakan kentang berkualitas. Jadikan kentang rebus atau kentang bakar sebagai makan malam anak-anak kita. Manfaat dari kentang mampu Membentuk Tubuh Ideal dan Menghindari Obesitas. Kentang mengandung vitamin, mineral dan zat-zat baik lainnya untuk pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan berperan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas. Sayur yang dijuluki Potato ini memiliki serat pangan yang berfungsi sebagai pengganjal, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dibanding mengkonsumsi nasi. Disisi lain, kentang dapat melancarkan pencernaan dan membuat kulit anak menjadi lebih cantik.
 
4. Ajarkan Anak Minum Segelas Air Putih dalam  Sejam Sekali
 
Para orang tua yang bijak dan baik hati, Tubuh anak kita sangat membutuhkan air, Hal ini dikarenakan tubuh terdiri dari 60% cairan. Kekurangan air bagi anak-anak tentu akan sangat berpengaruh terhadap sistem kerja tubuh mereka. Aktivitas pertumbuhan anak yang padat membuat para orang tua harus memperhatikan kebutuhan air untuk tubuh mereka. Dilansir dari Hellosehat, saat cairan tubuh mencukupi, Minum air putih yang cukup akan membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat. Tak hanya melalui keringat, racun dalam tubuh juga dibuang melalui urin.
 
Oleh sebab itu mengonsumsi air putih yang cukup harus dilakukan. Hal ini agar tubuh dapat bekerja secara maksimal dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Apabila terasa haus, maka segeralah minum air putih agar kebutuhan cairan tercukupi. Dehidrasi akan memacu jantung bekerja semakin keras sehingga dapat mengganggu kinerja organ tubuh yang lain. Hal ini dikarenakan air akan membantu jantung memompa darah lebih efektif. Selain itu, air juga dapat membantu darah menyalurkan oksigen dan nutrisi penting ke sel-sel tubuh. Mengonsumsi air putih yang cukup membantu tubuh untuk menjaga berat badan. Dianjurkan meminum air putih satu gelas kecil dalam satu jam sekali. Hal ini dikarenakan air dapat membantu metabolisme dan membantu tubuh merasa kenyang. Mengganti minuman berkalori tinggi dengan air putih tentu akan sangat membantu menjaga bahkan menurunkan berat badan.
 
5. Susu Kambing adalah Susu Terbaik untuk Pertumbuhan Anak
 
Perlu diketahui, dalam segelas susu kambing, bisa ditemukan sekitar 170 kalori, 27 miligram kolesterol, 11 gram karbohidrat, 10 gram protein, dan 6,3 miligram lemak jenuh. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan kandungan seperti selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, serta berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin C, dan vitamin D. Manfaat susu kambing yang bisa anak-anak dapatkan adalah terjaganya kesehatan tulang mereka. 
 
Susu kambing kaya akan kalsium dan fosfor yang berguna bagi pembentukan tulang anak. Susu kambing mengandung lebih banyak vitamin A, potasium, dan niacin jika dibandingkan dengan susu sapi. Susu kambing juga mengandung lebih sedikit asam folat, vitamin B12, dan selenium. Dalam satu cangkir susu kambing terkandung 168 kalori. Namun, terdapat juga sekitar 6,5 gram lemak jenuh. Jumlah lemak jenuh dan kalori pada susu kambing ini lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Hal disebabkan karena susu kambing mengandung lebih banyak flourin daripada susu sapi. 
 
Manfaat susu kambing lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan otak anak tetap optimal. Hal ini berkat kandungan Riboflavin (Vit B2) dan B3. Kedua zat ini sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem saraf. Bagi ibu hamil, mengonsumsi susu kambing sangat baik karena dapat meningkatkan kecerdasan anak dalam kandungan. Dengan kandungan laktosa yang lebih rendah daripada susu sapi, hal itu membuat susu kambing lebih mudah diserap tubuh. 
 
Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna. Namun, bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kambing. Nah kalaupun ada yang mengatakan bahwa daging dan susu kambing itu menagndung kolesterol tinggi yang berbahaya tentu saja itu hanya prasangka belaka.
 
Provinsi Riau memiliki potensi yang banyak dan berlimpah ruah khususnya dalam bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Sebagai kebijakan yang bisa lebih ditegaskan oleh pemerintah daerah adalah kiranya lebih diberdayakan lagi Potensi-potensi tersebut. Perlu digalakkan kembali khasanah bercocok tanam; tanaman pokok maupun palawija. Corporate Social Responsibility (CSR) dari para perusahaan kelapa sawit maupun perusahaan lainnya yang ada di Bumi Lancang Kuning ini juga harus tepat sasaran agar benar-benar dikelola masyarakat. Selain itu, Dalam sektor peternakan juga perlu diperhatikan dengan diiringi tindakan pasti supaya kolam-kolam masyarakat, danau dan sungai bisa menjadi tempat budidaya ikan air tawar secara massive. Kemudian lahan-lahan yang kosong bisa menjadi wahana untuk perkembangbiakkan binatang ternak seperti budidaya kambing dan sapi sehingga mampu menjadi peluang untuk munculnya lapangan kerja baru maupun penelitian (karya) bagi putra-putri Riau. Hal ini dimaksudkan dan tentu saja memiliki tujuan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Riau sehingga masyarakat Riau umumnya akan mampu memenuhi kebuthan bahan pangan, ketersediaan kebutuhan ikan dan daging, serta susu sebagai nutrisi. Maka dari itu besar harapan Riau akan senantiasa bebas dari kasus dampak gizi buruk bagi anak-anak dari keluarga prasejahtera.
 
***oleh: Mustakim JM

Berita Lainnya

Index