Sempena HUT SOBI Indonesia ke -7, SOBI Siak Adakan Penanaman 200 Pohon Bakau

Dibaca: 97 kali  Rabu,24 Februari 2021 | 06:53:00 WIB

Sempena HUT SOBI Indonesia ke -7, SOBI Siak Adakan Penanaman 200 Pohon Bakau
Ket Foto :

SIAK- Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Susha Kabupaten Siak penerima beasiswa Sahabat Bumi (Sobi) lakukan penanaman pohon bakau. Kegiatan ini dilakukan pada Taman hutan mangrove Kampung kayu Ara Permai Kecamatan Sungai apit, Minggu 21 Februari 2021.
 
Sobat Bumi (SOBI) merupakan suatu wadah bagi anak muda Indonesia yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah lingkungan hidup yang terjadi di sekitarnya sehingga dapat bergerak untuk melakukan sebuah tindakan inovatif, sinergis, dan berkelanjutan demi terciptanya Indonesia hijau. 
 
 Ini merupakan aksi yang ke 3, Karena aksi pertama kami memilih kegiatan yang berada diranah lingkungan masyarakat kemudian aksi kedua di ranah sosial.
 
 Kepada media ketua SOBI Kabupaten Siak Muhammad Ichwan Subeqi mengatakan, selain sesuai dengan tema yang kami tentukan hal ini juga dapat membantu menyelamatkan bumi dengan terus melakukan penghijauan seperti yang kami lakukan saat ini yaitu penanaman pohon bakau. Karna Secara fisik hutan Mangrove dapat menahan abrasi pantai. Pada saat datang badai, dapat menahan intrusi (peresapan) air laut ke daratan, Hutan Mangrove juga menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) di udara dan penghambat bahan-bahan pencemar (racun) di perairan,
 
"Kami Sobat Bumi merasa bangga bisa melakukan aksi yang ke-3 kami di sini, Hutan Mangrove Kampung Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit salah satu hutan Konservasi yang pernah meraih penghargaan di tingkat pusat pada 2020. Kami yakin bahwa perubahan besar tidak dapat diciptakan dengan langkah besar, namun perubahan besar akan tercipta melalui sebuah usaha kecil yang dilakukan bersama," ucapnya.
 
Kepala Desa sungai Apit. Menambahkan "kami merasa bangga Sobat Bumi memilih Desa kami untuk aksi penanaman/penghijauan bumi. Kami selaku tuan rumah selalu welcome kepada siapapun yang akan melakukan kegiatan positif seperti ini,
 
"Semoga kegiatan seperti ini terus berkelanjutan sampai anak cucu kita, mari kita selamatkan bumi dengan penghijauan menanam pohon di kawasan abrasi pantai. Saya juga berharap pemerintah Kab Siak terus memperhatikan kegiatan seperti ini ,mempersiapkan lahan untuk penghijauan di setiap Desa, supaya penghijauan di Kabupten Siak ini tetap terjaga," harapnya.
 
 Jusfrizal, S.Pt, M.p melihat bahwa ini merupakan kegiatan penyelamatan bumi dengan selogan "CINTAI BUMI SELAMATKAN BUMI" Dari kelompok konservasi ini sudah membuktikan bahwa mereka sangat menyayangi bumi dengan membuat kegiatan penyelamatan dalam bukti penanaman pohon bakau, Dengan tidak merasakan capek mereka terus memperbaiki sehingga tempat ini menjadi indah tentunya memberikan efek positif untuk Bumi dan masyarakat.
 
Kegiatan ini selain dilakukan oleh 10 orang Mahasiswa penerima Beasiswa Sobat Bumi juga di bantu oleh kelompok Observasi dan masyarakat taman mangrove kayu Ara permai.
 
Turut hadir Kepala Desa Kayu ara permai,Jusfrizal, S.Pt, M.p (ketua yayasan Hubbul Wathan Siak), Yessi Septrimadona, SP, ME (KA. Prodi Ekonomi Syari'ah), Buhori, M.Pd.I (Wakil ketua III STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak). (Hendra)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com