Menteri ESDM Tawarkan Investasi Energi Terbarukan di Pulau Burung, Rupat dan Rangsang

Dibaca: 241 kali  Kamis,29 Juli 2021 | 04:50:00 WIB

Menteri ESDM Tawarkan Investasi Energi Terbarukan di Pulau Burung, Rupat dan Rangsang
Ket Foto : Kondisi abrasi pantai di Pulau Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendapat tawaran investasi energi terbarukan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Arifin Tasrif.
 
Karena itu, Pemprov Riau diminta untuk menyiapkan Kabupaten/Kota di Riau yang dekat dengan Malaysia dan Singapura untuk pembangunan energi terbarukan tersebut.
 
Demikian disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan, energi terbarukan tersebut nantinya akan diekspor di Malaysia dan Singapura.
 
"Menteri ESDM meminta kita mempersiapkan daerah-daerah yang memungkinkan tersedianya energi terbarukan, untuk ekspor ke Malaysia dan Singapura," katanya, Rabu (28/7/2021) kemarin.
 
Atas tawaran itu, Gubri mengusulkan beberapa daerah di Riau yang geografisnya berdekatan dengan negara jiran Malaysia dan Singapura.
 
"Tadi kita usulkan ke pak Menteri, daerah yang dekat dengan Singapura itu Pulau Burung, Indragiri Hilir, lebih 113 Km dari Singapura. Jadi kita siap investasi itu di sana," terangnya.
 
Kemudian daerah yang dekat Malaysia, Gubri menawarkan ada tiga pulau. Yaitu pulau Rupat, pulau Bengkalis dan pulau Rangsang di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Jadi dari tiga pulau itu mana yang akan dipilih, tentu yang lebih dekat dari Malaka nantinya," ujar mantan penjabat Bupati Kepulauan Meranti ini.
 
"Tapi tadi dipesankan oleh pak Menteri, agar kiranya nanti ada investor yang berminat harga pembebasan lahannya jangan terlalu tinggi, agar nanti pembangunan energi terbarukan ini bisa di ekspor ke negara jiran," tukasnya. (mcr)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com