Hadapi Corona, KRI Semarang-594 Sukses Bantu Oksigen di Riau

Hadapi Corona, KRI Semarang-594 Sukses Bantu Oksigen di Riau
KRI Semarang-594
DUMAI - Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-594 TNI AL sukses membantu pengisian oksigen di Riau. Kegiatan operasi ini adalah upaya menanggulangi bencana nonalam COVID-19.
 
KRI Semarang-594 mampu mengisi oksigen, generator oksigen sebanyak 72 meter kubik per hari, atau 12 tabung oksigen ukuran 6 meter kubik, untuk diberikan gratis kepada Rumah Sakit atau faskes, klinik dan masyarakat yang membutuhkan.
 
Panglima Komando Armada 1, Laksamana Muda TNI, Arsyad Abdullah, S.E, M.A.P mengatakan, pada operasi ini TNI AL bertugas membantu menghadapi bencana-bencana nonalam, seperti pandemi COVID-19.
 
"Kita ikut mendukung pemerintah melaksanakan kegiatan kemanusiaan. Mengingat tingginya penyebaran COVID-19, sehingga kelangkaan oksigen di beberapa daerah cukup tinggi," katanya.
 
Ia menjelaskan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, memerintahkan dia selaku Panglima Komando Armada 1, untuk menggerakkan Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-594 ke Provinsi Riau.
 
"Atas permohonan surat Gubernur Riau, setelah kami melaksanakan tugas di Bangka Belitung, saya gerakkan KRI Semarang-594 ke Riau dan bersandar di Dumai," katanya lagi, Jum'at kemarin.
 
Hingga hari ini, Arsyad Abdullah menyebut, TNI AL telah mendukung 52 tabung oksigen untuk dibagikan gratis kepada masyarakat di Dumai, Pulau Rupat dan Pulau Bengkalis.
 
"Alhamdulillah kebutuhan oksigen sudah mencukupi dan bisa mendukung sejumlah Rumah Sakit serta masyarakat yang membutuhkan," sebutnya.
 
Ia juga menyampaikan, bahwa dalam mendukung program pemerintah mempercepat program vaksinasi, TNI AL juga melaksanakan program Serbuan Vaksin di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.
 
"Serbuan Vaksin yang kita laksanakan ini, untuk mempercepat vaksinasi sehingga dapat meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok, agar kita bisa menangkis penyebaran COVID-19. Untuk pelaksaannya kita tak akan berhenti, hingga vaksin ini habis. Jadi kita lanjut terus, selama ada dukungan vaksin. Jadi tidak ada batas waktunya," Arsyad Abdullah menegaskan.
 
Dukungan operasi KRI Semarang-594 untuk memenuhi kebutuhan oksigen hingga besok Sabtu (21/8). Hal ini lantaran kebutuhan oksigen di Riau dianggap sudah mencukupi. Kapal ini juga memiliki fasilitas ruang pasien isolasi COVID-19, namun jumlahnya terbatas hanya untuk 5 orang pasien.
 
 
Sementara, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, beberapa waktu lalu di Riau terjadi peningkatan jumlah kasus COVID-19. Bahkan pernah mencapai lebih dari 2 ribu kasus per hari. Saat ini telah terjadi penurunan kasus.
 
"Dengan adanya pelonjakan kasus COVID-19 yang lalu, sehingga terjadi peningkatan kebutuhan oksigen yang besar di Riau. Melihat kondisi ini, kami mengajukan permohonan kepada bapak Kasal agar KRI Semarang-594 dapat membantu provinsi Riau. Alhamdulillah hari ini telah sukses membantu kekurangan oksigen, baik itu bagi masyarakat di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis juga masyarakat di pulau Rupat," kata Syamsuar.
 
"Kami tentunya atas nama pemerintah provinsi, masyarakat, dan tim satgas penanganan COVID-19 Riau, mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada bapak Kasal malaui Panglima Komando Armada 1, telah memberikan bantuan KRI Semarang-594 yang beroperasi membantu masyarakat di Riau," ujarnya.
 
Gubernur Riau juga memberikan apresiasi program Serbu Vaksin TNI AL yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Riau di daerah kepulauan terpencil.
 
Sebelumnya, KRI Semarang-594 tiba di Riau, pada hari Senin, tanggal 16 Agustus 2021 lalu. Berlabuh di Dermaga TNI AL Bangsal Aceh, Kota Dumai. Kedatangan kapal ini, lantaran sebelumnya Gubernur Riau, mengajukan permohonan bantuan penanganan COVID-19.
 
Permohonan diajukan melalui surat Gubernur Riau Nomor 360/BPBD/2153 kepada Panglima TNI Republik Indonesia dan Surat Gubernur Riau Nomor 360/BPBD/2154, kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut, tanggal 10 Agustus 2021, tentang permohonan bantuan Kapal Rumah Sakit. (mcr)

Berita Lainnya

Index