Tahun Ini Jajaran Polda Riau Sudah Tangani 20 Perkara Karhutla

Tahun Ini Jajaran Polda Riau Sudah Tangani 20 Perkara Karhutla
Seorang polisi berusaha memadamkan api yang menyala di suatu lahan
PEKANBARU - Sejak Januari hingga Agustus 2021, Polda Riau sudah menangani 20 perkara kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bumi Lancang Kuning.
 
Dari jumlah itu, berkas 12 perkara sudah dinyatakan lengkap atau P-21 oleh kejaksaan.
 
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Ferry Irawan, mengatakan, perkara kebakaran hutan dan lahan itu ditangani oleh Polda Riau serta sejumlah Satuan Wilayah. "Ada 20 perkara dengan 24 tersangka," kata Ferry, Selasa (24/8/2021).
 
Ferry menjelaskan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau menangani satu perkara kebakaran hutan dan lahan dengan satu orang tersangka dengan luas lahan terbakar 37 hektar. Berkas tersangka sudah lengkap dan tersangka sudah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).
 
Polres Indragiri Hilir menangani 5 perkara dengan 7 orang tersangka dengan luas lahan terbakar 18 hektar.
 
Menurut Ferry, dua perkara masih tahap penyidikan, satu perkara sudah tahap 1 (pelimpahan berkas ke kejaksaan), dan 2 perkara tahap II.
 
Kemudian, Polres Pelalawan menangani 2 perkara dengan 2 orang tersangka. Satu perkara masih dalam tahap penyidikan, dan 1 perkara tahap II. "Luas lahan terbakar mencapai 1,9 hektar," kata Ferry.
 
Polres Bengkalis menangani 3 kasus dengan tiga orang tersangka perorangan, serta luasan lahan terbakar mencapai 3,5 hektar. Seluruh penyidikan perkara sudah rampung.
 
Selanjutnya, Polres Siak menangani 1 perkara dengan 1 orang tersangka dengan luas lahan terbakar 0,04 hektar.
 
"Polres Dumai 2 kasus dengan 2 tersangka, dan lahan terbakar mencapai 10,25 hektar," tutur Ferry.
 
Sementara itu, Polres Kepulauan Meranti mengusut 1 perkara dengan 1 tersangka yang telah rampung penyidikannya. Luas lahan terbakar 5 hektar.
 
Terakhir, Polres Kampar menangani 2 dengan 2 tersangka. Adapun 1 perkara telah tahap I, dan sisanya telah tahap II. Di sana, tercatat 1,5 hektar lahan terbakar. (mcr)

Berita Lainnya

Index