Ini 5 Tips Lolos Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

Ini 5 Tips Lolos Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan
LPDP memberi kesempatan kedua bagi masyarakat yang ingin kuliah melalui Beasiswa Reguler LPDP tahap 2. Foto SINDOnews
JAKARTA - Setiap tahunnya LPDP membuka pendaftaran beasiswa untuk mencetak pemimpin dan profesional masa depan. Tingkat persaingannya pun tinggi karena beasiswa ini menjadi incaran seluruh mahasiswa dengan beragam manfaat yang diberikan. Mulai uang kuliah, tunjangan buku, asuransi hingga biaya hidup selama menempuh pendidikan tinggi.
 
Masa pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 sendiri terbagi 2 tahap. Tahap pertama sudah ditutup Juni kemarin. Sedangkan tahap 2 masih dibuka hingga hari ini 8 September. LPDP menyediakan 3 jenis beasiswa. Yakni beasiswa afirmasi, beasiswa targeted dan juga beasiswa umum.
 
Beasiswa LPDP ini juga menjadi incaran karena tidak hanya memberi kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi dalam negeri. Namun juga mahasiswa bisa mengenyam pendidikan di kampus luar negeri bergengsi kelas dunia.
 
Dengan segala kelebihannya, tentunya persaingan untuk lolos dari beasiswa ini perlu strategi khusus. Melansir edukasi.sindonews.com dari laman bimbingan persiapan studi ke luar negeri Schoters di schoters.com, berikut ini adalah tips agar lolos beasiswa LPDP.
 
1. Teliti Saat Mengisi Persyaratan Seleksi Administrasi
 
Screening dokumen adalah tahap awal dalam proses penyeleksian beasiswa LPDP ini. Alhasil, kamu harus teliti dalam mengisi dokumen yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat deadline. Persiapkan dokumen persyaratannya pun harus dari jauh-jauh hari karena beasiswa LPDP termasuk beasiswa yang syarat dokumen-dokumen nya cukup banyak.
 
2. Kuatkan Essay dan Rencana Studi
 
Kunci agar kamu lolos seleksi tahap administratif adalah essay yang bagus. Biasanya kamu akan disuruh membuat study plan/rencana studi yang jelas dan terarah. Tentukan program jurusan dan universitas yang kamu incar dengan mantap. Penulisan essay dan rencana studi pun tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa kaidah yang harus kalian ikuti dan pastikan essay kalian mempunyai bagian-bagian berikut: Pembukaan, Isi dan Penutup.
 
Di bagian pembukaan kita bisa mulai dengan berbagai cara, misalnya menyajikan fakta.
 
3. Tingkatkan Skor TOEFL dan IELTS
 
Sertifikat bahasa merupakan komponen penting yang wajib dilengkapi peserta beasiswa LPDP 2021. Tahun lalu, minimal skor yang ditetapkan LPDP untuk studi program magister di luar negeri, yaitu TOEFL iBT® 80; IELTS™ 6,5; TOEIC® 800; atau TOAFL 550. Pendaftar program doktoral luar negeri skor minimalnya TOEFL iBT® 94; IELTS™ 7,0; TOEIC® 850; atau TOAFL 550. Jika skormu masih kurang, segera tingkatkan ya dengan perbanyak latihan dan ikuti kembali tesnya. Kalian bisa juga mengikuti kelas persiapan tes bahasa Inggris di sini.
 
4. Jangan Termakan Hoax, Cari Informasi yang Benar
 
Dengan banyaknya informasi yang beredar, kalian juga harus pandai memilah-milah berita dan cari sumber yang jelas. Pastikan semua informasi yang kamu terima benar, kalau ragu silakan tanyakan langsung ke pihak LPDP atau cari mentor yang juga alumni dari beasiswa LPDP ini agar kalian bisa terus dibimbing dan update dengan informasi tersebut. Dengan begitu, kalian bisa tanya-tanya soal kelengkapan dokumen, cara penulisan rencana studi yang baik, dan lainnya.
 
5. Letter Of Acceptance
 
Jika kalian mempunyai Letter of Acceptance (LoA) atau surat penerimaan di Universitas yang kalian incar maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini akan semakin lebih besar. LoA ini akan menjadi nilai plus untuk profilmu juga loh.
 
Cara mendapatkan LoA ini pun beragam, cukup lihat di website kampus incaran masing-masing ya!.
 
Itulah 5 tips lolos beasiswa LPDP. Semoga kalian bisa mendapatkan beasiswa di kampus yang diinginkan pada kesempatan selanjutnya sesuai dengan program studi yang diminati. Selamat berjuang. (red)

Berita Lainnya

Index