ADWI 2021, Menteri Parekraf Sandiaga Uno Pulang Kampung ke Riau

ADWI 2021, Menteri Parekraf Sandiaga Uno Pulang Kampung ke Riau
Gubernur Riau Syamsuar melihat Destinasi wisata alam Puncak Kompe, Desa Wisata Koto Masjid, Kabupaten Kampar Riau
PEKANBARU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau, pada, Minggu (12/9/2021) besok.
 
Di tanah kelahirannya itu, Menparekraf akan mengunjungi Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.
 
Desa Wisata Koto Masjid berhasil lolos 50 besar dalam tahap kurasi lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kegiatan ini merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia bertema 'Indonesia Bangkit'. Digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
 
Sebanyak 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia ikut mendaftar pada ajang ini. Melebihi dari target 700 desa wisata sebelumnya.
 
"Alhamdulillah Desa Wisata Koto Masjid di Kabupaten Kampar lolos 50 besar Anugerah Pariwisata Indonesia tahun ini. Insya Allah kedatangan pak Menteri Sandiaga Uno, besok diharapkan bisa membawa kemajuan sektor pariwisata di Provinsi Riau," ujar Gubernur Riau, Syamsuar, Sabtu (11/9/2021) di Pekanbaru.
 
Disebutkan Syamsuar, Riau memiliki 1.859 desa/kelurahan. Dari jumlah ini, sebanyak 123 desa telah dicanangkan sebagai desa wisata dengan kategori alam, budaya, ekonomi kreatif, buatan, dan dengan produk wisata atraksi, edukasi, kuliner dan lainnya.
 
"Kami memberikan apresiasi program ADWI 2021 Kemenparekraf. Semoga mampu mendorong semua pelaku parekraf sehingga bisa menjadikan desa wisata yang mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat, dan bangkit kembali dari dampak COVID-19," tutur Gubernur Riau.
 
Kedatangan Sandiaga Uno di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru, Riau, merupakan lawatan perdana sejak ia menjabat sebagai Menteri Parekraf.
 
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Roni Rakhmat menjelaskan, selain mendatangi Kampung Patin Desa Wisata Koto Masjid, dalam jadwal tentatifnya Menparekraf akan mengunjungi tempat kuliner dan galeri ekonomi kreatif di Pekanbaru.
 
"Kunker pak Sandiaga Uno telah dinanti-nantikan sejak lama oleh stakeholder dan pelaku pariwisata di Riau. Selain kunker ADWI di Kampung Patin, Menparekraf juga akan mengunjungi tempat kuliner dan galeri ekonomi kreatif di Pekanbaru.
 
Roni Rakhmat berujar, pada ajang ADWI 2021, dari total 123 desa wisata di Riau, hanya ada 41 desa yang ikut mendaftar. Setelah melalui proses kurasi dewan juri hanya 1 desa dari Riau yang berhasil lolos.
 
"ADWI 2021 diharapkan mampu menjadi pemantik kebangkitan sektor pariwisata yang saat ini terdampak pandemi COVID-19. Kami optimis program desa wisata terus tumbuh sebagai pariwisata alternatif sehingga sektor pariwisata mampu memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan ekonomi daerah," tandasnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index