Riau Usulkan Pembebasan Lahan Percepatan 4 Jalan Tol ke Pusat

Dibaca: 162 kali  Sabtu,18 September 2021 | 01:31:00 WIB

Riau Usulkan Pembebasan Lahan Percepatan 4 Jalan Tol ke Pusat
Ket Foto : Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang. Foto Heru Maindikali

PEKANBARU - Untuk percepatan pembangunan jalan tol di Provinsi Riau, Gubernur Riau, Syamsuar merekomendasi pembebasan lahan di kawasan hutan untuk pembangunan empat ruas jalan tol di Riau ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
Empat ruas tol yang diusulkan pembebasan lahan yakni jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, jalan Bangkinang-Pangkalan (Sumatera Barat). Lalu jalan tol Pekanbaru-Rengat, ruas Rengat-Jambi.
 
"Pak Gubernur sudah membuat rekomendasi kepada Menteri LHK untuk pembebasan lahan di kawasan hutan, dan Menteri PUPR selaku pihak yang membutuhkan lahan jalan tol untuk melakukan percepatan jalan tol," kata Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Mamun Murod, Sabtu (18/9/2021).
 
Dengan begitu, saat ini Pemprov Riau menunggu pemerintah pusat mengakomodir usulan pembebasan lahan tersebut, agar proses pembangunan jalan tol tidak mengalami kendala lagi.
 
"Jadi empat ruas jalan tol itu semua sudah tercover di dalam surat rekomendasi Gubernur yang ditujukan ke Menteri LHK dan Menteri PUPR," terangnya.
 
Dalam percepatan empat ruas tol di Riau, tambah Mamun Murod, Gubernur Riau dalam waktu dekat akan melakukan audensi dengan Menteri LHK RI, Siti Nurbaya.
 
"Karena itu dalam waktu dekat Gubernur akan melakukan audensi dengan ibu Menteri LHK, mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan persiapan-persiapan jalan tol agar segera terwujud," tukasnya. (mcr)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com