Ayo Ikuti Lomba Desain Kaos Tema Pantun, Ini Syaratnya

Ayo Ikuti Lomba Desain Kaos Tema Pantun, Ini Syaratnya
ilustrasi
PEKANBARU - Sempena Riau Kenduri Pantun, Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau menggelar lomba desain kaos dengan tema pantun yang dimulai tanggal 18 November hingga 5 Desember mendatang.
 
Kadis Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zen menerangkan bahwa lomba desain pantun ini akan menghadirkan hadiah menarik. Yaitu juara 1 sebesar Rp 4.500.000, juara 2 Rp. 3.500.000, dan juara 3 Rp 2.500.0000.
 
"Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kontak person yang ada di brosur yaitu M Rafiz dengan nomor 0852 6523 5220," katanya, di Pekanbaru, Jumat (19/11/2021) kemarin.
 
Ia menjelaskan, ketentuan peserta lomba desain kaos yaitu peserta terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan peserta melampirkan surat pernyataan diatas materai (Rp10.000) yang berisi keterangan bahwa karya orisinil dan bukan modifikasi dari karya lain atau jiplakan dari yang sudah ada sebelumnya.
 
Sedangkan untuk ketentuan umum lomba desain kaos adalah, karya yang diikutsertakan adalah hasil karya sendiri, bukan tiruan atau jiplakan yang sudah ada, setiap peserta hanya diperkenankan mengirim 1 karya, karya belum pernah diikutsertakan pada lomba atau dipublikasikan sebelumnya.
 
Selanjutnya, karya tidak mengandung unsur pornografi dan SARA, hak cipta atas karya yang ditetapkan sebagai pemenang lomba menjadi sepenuhnya milik Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, keputusan penentuan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
 
"Ketentuan lainnya, yaitu Peserta wajib repost flyer lomba desain kaos di akun instagram pribadi dan tidak privat," tambahnya.
 
Yoserizal Zen mengungkap, ketentuan teknis lomba ini yaitu karya lomba desain kaos dibuat bebas dan sekreatif mungkin yang bisa diimplementasikan di media baju kaos (ilustrasi, line art, typography, dan lain lain), karya mencerminkan tema "pantun".
 
Untuk format karyanya adalah karya dibuat dengan software digital PS, AI, dan sejenisnya di ukuran maksimal A3 verifikasi, resolusi 300 dpi, karya dibuatkan mockup dalam bentuk baju kaos (gambar nyata mengenai konsep), lampirkan 1 halaman penjelasan karya berisi latar belakang ide, filosofi desain dan pesan yang ingin disampaikan.
 
Berikutnya, jika peserta menampilkan sebuah karya pantun hendaklah memperhatikan kaidah pantun yang berlaku, peserta bebas menentukan bentuk pantun yang diinginkan seperti pantun biasa, pantun kilat atau talibun, ilustrasi berkaitan dengan pantun yang dibuat.
 
Untuk penyerahan karyanya dikirim ke email [email protected] dengan subjek ditulis LOMBA DESAIN KAOS_(NAMA PESERTA), berisi : karya dikirim dalam bentuk format (Ai,Ps,cdr, png, pdf dan jpg), surat pernyataan keaslian karya, identitas berupa KTP atau kartu pelajar, serta pengiriman file karya diarsipkan dalam format (.zip).
 
"Batas akhir pengumpulan 05 Desember 2021 pukul 23.59 WIB, untuk surat pernyataan silahkan download di link
 
https://bit.Iy/lombadesainkaos-pantun-disbudriau. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di instagram Disbud Riau," tutupnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index