Tapal Batas Pelalawan-Inhu Dikomunikasikan

Dibaca: 736 kali  Minggu,14 Mei 2017 | 04:13:00 WIB

Tapal Batas Pelalawan-Inhu Dikomunikasikan
Ket Foto : Pertemuan dua Kepala Daerah beserta jajaran

PELALAWAN - Sampai saat ini, permasalahan tapal batas wilayah antara Kabupaten Pelalawan dengan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) belum tuntas. Pasalnya kedua kabupaten masih mengklaim satu titik koordinat tapal batas di Desa Silikuan Hulu dan Desa Air Putih masuk wilayah kedua kabupaten.

Pada dititik tersebut terdapat Sekolah Dasar Negeri 010 yang merupakan aset Pemkab Pelalawan di Desa Air Putih eks Kabupeten Kampar dan Pustu milik Pemkab Inhu yang diklaim masuk wilayah Kabupaten Pelalawan.

Untuk itu, guna menuntaskan penyelesaian sengketa tapal batas tersebut, maka Bupati Inhu Yopi Arianto beserta jajaran Pemkab Inhu melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan yang diterima langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris, belum lama ini.

"Ya, kita menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bupati Pelalawan beserta jajaran yang telah menerima kedatangan kami untuk melakukan kunjungan kerja. Dimana kunker yang kita lakukan ini, selain dalam rangka menjalin silaturahim, juga untuk membahas penyelesaian tapal batas antara Inhu dan Pelalawan. Dimana kita mengharapkan agar masalah tapal batas kedua kabupaten ini dapat dituntaskan pada tahun 2017 ini," ujar Bupati Inhu Yopi Arianto.

Diungkapkan Yopi, bahwa selain membahas masalah penyelesaian tapal batas daerah, kunker yang dilakukan juga guna membahas kerjasama perencanaan pembangunan akses jalan yang menghubungkan kabupaten Inhu dan Pelalawan.

"Jadi rencananya pembangunan akses jalan yang menghubungkan kabupaten Inhu-Pelalawan ini nantinya akan menggunakan dana dari APBN. Dan melalui kunker yang kita lakukan ke Pemkab Pelalawan ini, maka saat ini kita bersama Pemkab Pelalawan tengah membahas titik koordinat akses jalan yang akan dibangun. Sehingga dengan adanya kerjasama kabupaten Inhu - Pelalawan ini, baik penyelesaian tapal batas dan pembangunan akses jalan, maka diharapkan meningkatkan PAD kedua kabupaten ini. Dan yang paling penting, tentunya kerjasama ini akan lebih memberikan ketentraman agar tidak terjadi konflik serta kesejahteraan bagi masyarakat di kabupaten Inhu dan Pelalawan," sebutnya. (mcr)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com