Diskominfo Rohul Himbau Seluruh OPD Back-up Data Penting

Dibaca: 538 kali  Rabu,17 Mei 2017 | 03:45:00 WIB

Diskominfo Rohul Himbau Seluruh OPD Back-up Data Penting
Ket Foto : ilustrasi

PASIRPENGARAIAN - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Rokan Hulu, menghimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tidak paranoid menghadapi maraknya virus wannacry yang saat ini menyerang berbagai dunia.

Sebagai antisipasi Penyebaran Virus tersebut di Rohul, Diskominfo menghimbau seluruh OPD agar memback-up seluruh data penting di PC dan laptop serta memperbarui perangkat windows.

"Serangan Virus Wancry ini menyerang melalui Local Area Network dan menyerang Windows versi lama, jadi antisipasi yang harus dilakukan adalah melakukan Back-UP data," terang Sekretaris Dinas Kominfo Rohul Muhardan, Senin 15 Mei 2017 kemarin di Pasirpengaraian.

Kekhawatiran serangan virus komputer global ransomeware wannacrypt atau wannacry yang menyerang sistem informasi rumah sakit Indonesia, kini memang mulai dirasakan di rokan hulu. Bahkan, lembaga pelayanan secara elektronik (LPSE) sempat menutup Kantornya beberapa jam, akibat khawatir di serang virus tersebut.

Meski sudah meresahkan, Sekretaris Diskominfo Rohul, Muhardan meminta seluruh OPD di Rohul tidak menyikapi virus wanncry ini secara paranoid. Muhardan mengaku Diskominfo Rohul melalui laman resmi memberitahukan langkah-langkah antisipasi virus wannacry.

Selain itu Diskominfo juga telah menyurati resmi seluruh OPD agar melakukan Back-Up data penting untuk menghindari serangan virus itu.

Selain Back UP data, pengamanan laptop atau PC juga harus dilakukan dengan mengupdate windows dan antivirusnya. Menurutnya, virus wannacry baru bisa menyerang sistem operasi windows, namun belum diketahui apakah virus tersebut juga dapat menyerang sistem operasi linux.

"Yang terpenting, selalu Upgrade Windows dan jangan memakai windows dan antivirus bajakan, karena windows bajakan itu sangat rentan terserang virus," jelasnya.

Diakuinya, infeksi virus Wannacry biasanya tertular di Windows komputer melalui flashdisc ataupun spam di e-mail yang tak sengaja terklik. untuk itu, muhardan menghimbau agar berhati-hati jika menerima e-mail yang mencurigakan.

"Jadi jika ada e-mail tak kenal mengirimkan link yang tak sengaja ter klik, itu bisa langsung menginfeksi PC dan Laptop kita," pungkasnya. (mcr)
 

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com