ASN Kepulauan Meranti Diminta Peka Terhadap Lingkungan

ASN Kepulauan Meranti Diminta Peka Terhadap Lingkungan
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Said Hasyim saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Bupati

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Said Hasyim menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelayan publik harus mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar, untuk itu ASN mesti peka terhadap lingkungan.

"Seorang ASN harus mampu melaksanakan perannya dengan baik dan paham akan tugas dan tanggungjawabnya yang didukung dengan kepekaan melihat situasi, sehingga tahu apa yang harus dilakukan," jelas Wabup saat menjadi pembina Apel pagi, belum lama ini.

Apa yang terjadi dan dirasakan saat ini, menurut Wakil Bupati masih belum bisa memuaskan masyarakat, seharusnya ASN bisa berbuat lebih baik lagi dalam melaksanakan program dan memajukan pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Tidak seharusnya kita seperti ini, harusnya kita bisa berbuat lebih baik lagi dalam memajukan Kepulauan Meranti, untuk itu kita harus kompak dan terus berupaya memberikan yang terbaik," ucapnya.

Dari hasil kunjungannya ke pelosok desa dalam upaya menyelami apa yang dirasakan dan di inginkan masyarakat, Wakil Bupati mengaku sedikit sedih, karena Pemda yang memiliki banyak ASN dan Tenaga Honorer, serta kekayaan alam yang cukup menjanjikan, belum mampu memberikan apa yang diharapkan masyarakat.

"Harusnya sebagai ASN yang menerima gaji harus bisa mempertanggung jawabkannya, masyarakat menunggu kinerja dan inovasi positif ASN dalam membangun Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Wabup lagi.

Kedepan, tegas Wabup, dirinya akan terus mengawasi kinerja aparatur dan instansi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, melalui pendekatan SAKIP, Wakil Bupati akan menunggu apa yang dikerjakan masing-masing OPD.

"Kami juga akan memberikan reward kepada ASN yang bekerja sungguh-sungguh dan akan memberikan sanksi kepada ASN yang malas karena dapat mengganggu kinerja jajaran Pemda," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Wabup juga mengomentari prilaku ASN yang turun ke lapangan meninjau kegiatan proyek, dimana kebanyakan yang terjadi ASN malah minta dilayani oleh kontraktor sehingga kegiatan tidak terawasi dengan maksimal.

Padahal sejatinya, lanjut Wabup, ditengah kondisi APBD yang minim saat ini, ASN harus memastikan anggaran yang digunakan untuk kegiatan dapat memuaskan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Lebih baik anggaran sedikit dikerjakan dengan benar dapat memuaskan masyarakat, daripada anggaran besar tapi penggunaannya tidak benar yang akhirnya masyarakat akan kecewa," pungkas Wakil Bupati. (rls/red)
 

Berita Lainnya

Index