Aparatur Desa Batin Suir Aktif Ikuti Yasinan Keliling

Aparatur Desa Batin Suir Aktif Ikuti Yasinan Keliling
Kegiatan yasinan di rumah warga RT 01 RW 02 Dusun Saka Tiga, Desa Batin Suir, Minggu malam 3 September 2017

TEBINGTINGGI TIMUR - Pemerintah Desa Batin Suir, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, memiliki program rutin guna meningkatkan mental spiritual seluruh aparatur desa, yakni setiap malam Senin menggelar yasinan keliling di rumah warga.

Kepala Desa Batin Suir, Tarmizi A.Ma, saat kegiatan yasinan di rumah salah seorang warga, Minggu malam 3 September 2017 mengungkapkan, kegiatan itu sudah menjadi komitmen bersama seluruh unsur aparatur Desa Batin Suir.

"Karena program ini sudah menjadi komitmen bersama, maka seluruh unsur aparatur desa yang muslim aktif mengikutinya, seperti dari perangkat Pemerintah Desa, BPD, LPMD, Kepala Dusun, Ketua RW, Ketua RT hingga pengelola BUMDes," ujar Kepala Desa.

Dikatakan Kades Tarmizi, kegiatan itu memiliki tujuan ganda, tidak hanya untuk meningkatkan mental spiritual aparatur desa, namun juga bertujuan untuk lebih mengeratkan silaturahim atau ukhuwah islamiyah bersama warga.

"Dengan adanya kegiatan ini, seluruh aparatur desa juga dapat bertatap muka langsung dengan warga dan melakukan musyawarah, dalam rangka menyerap informasi atau permasalahan yang ada di tengah masyarakat," ucapnya.

Dijelaskan Kades, kegiatan yasinan itu dilaksanakan secara bergiliran di setiap rukun tetangga (RT), dimana Ketua RT bertanggungjawab untuk mengkoordinasikan rumah warga yang bersedia akan menjadi tempat pelaksanaannya.

"Kegiatan yasinan di isi dengan doa tahlil dan membaca yasin bersama dipimpin Ketua BPD, sholat isya berjamaah dan terakhir konsumsi sesuai kesanggupan tuan rumah," jelasnya.

Sedangkan untuk meringankan biaya konsumsi makan dan minum kegiatan itu, Pemerintah Desa Batin Suir memberikan dana sebesar 200 ribu rupiah kepada tuan rumah yang akan menjadi tempat kegiatan. (san)

Berita Lainnya

Index