Ketua Komisi IV DPR RI Antusias Lihat Sistem Pengolahan Sagu

Ketua Komisi IV DPR RI Antusias Lihat Sistem Pengolahan Sagu
Peninjauan salah satu kilang pengolahan sagu di Desa Maini Darul Aman, Kecamatan Tebingtinggi Barat

SELATPANJANG - Hari ke dua kunjungan kerja, Rabu 20 September 2017, rombongan Komisi IV DPR RI kembali melakukan peninjauan lapangan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Peninjauan dilakukan di kilang pengolahan Sagu Desa Maini Darul Aman dan Keramba Ikan di Desa Insit.

Kegiatan peninjauan itu dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPR RI, Drs. H. Roem Kono beserta anggota, didampingi Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H. Fauzi Hasan, SE, Sekda Yulian Norwis, SE, MM, Kepala Bappeda, Ir. Mamun Murod, MM, Kadis Perikanan, Syamsudin, SH, MH dan lainnya.

Peninjauan pertama, dilakukan di salah satu kilang sagu koperasi harmonis di Desa Maini Darul Aman, Kecamatan Tebingtinggi Barat. Rombongan melihat langsung sistem pengolahan isi batang rumbia menjadi tepung sagu, didampingi Camat Tebingtinggi Barat, Helfandi, SE, MSi.

Di kilang sagu itu, cukup banyak pertanyaan yang dilontarkan rombongan Komisi IV DPR RI menyangkut sistem pengolahan sagu. Bahkan Ketua Komisi IV DPR RI, Drs. H. Roem Kono yang berasal dari Gorontalo, sangat antusias untuk mengetahui detil sistem pengolahan sagu.

Antusiasme serupa juga terlihat saat peninjauan keramba ikan di Insit Laut, Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat. Para legislator pusat yang membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Pangan itu, cukup kagum akan potensi daerah ini.


Peninjauan keramba budidaya ikan laut di Insit Laut, Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat

Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H. Fauzi Hasan, SE saat peninjauan itu mengatakan, kunjungan Komisi IV DPR RI memberikan harapan bagi peningkatkan produksi beras, sagu serta perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti di tahun 2018 mendatang.

"Lontaran janji-janji Komisi IV DPR RI dan Kementan RI sangat solid memperjuangkan Kabupaten termuda di Riau ini untuk memajukan sektor andalan dalam meningkatkan pembangunan kawasan pesisir terdepan di Indonesia," ungkapnya.

Fauzi Hasan optimis, kedatangan rombongan Komisi IV DPR RI akan membawa angin segar bagi pembangunan sektor pertanian, perkebunan sagu dan perikanan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kita bangga dengan rekan-rekan senior kita di Komisi IV DPR RI ini, yang sudah meluangkan perhatian yang besar bagi masyarakat petani di Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Fauzi.

Menurutnya, peran para legislator pusat dalam memperjuangkan dan mendorong pemerintah pusat guna mengalirkan bantuan program melalui Kementan RI, akan berpengaruh positif kepada peningkatan keuangan daerah.

"Tentu saja bisa mendongkrak tambahan keuangan daerah melalui postingan Dana Alokasi Khusus (DAK). Kita berharap dana yang dikucurkan lewat program DAK APBN dapat maksimal bagi peningkatan penghasilan masyarakat," ujarnya. (san)

Berita Lainnya

Index