Ratusan Personel Polres Kepulauan Meranti Jalani Tes Psikologi

Ratusan Personel Polres Kepulauan Meranti Jalani Tes Psikologi
Ketua Tim Tes Psikologi dari Biro SDM Polda Riau, AKBP Dian Eka, memberikan pengarahan

SELATPANJANG - Kepolisian Resor Kepulauan Meranti menggelar Tes Psikologi bagi ratusan anggotanya. Kegiatan yang digelar di Gedung PSMTI, Jalan Rumbia Selatpanjang itu, dipandu oleh Tim Psikologi dari Biro SDM Polda Riau, Rabu 4 Oktober 2017.

Wakapolres Kepulauan Meranti, KOMPOL Dr. Wawan, SH, MH dalam sambutannya saat membuka kegiatan, mengharapkan kegiatan tes psikologi yang diikuti oleh para perwira dan personel jajaran Polres Kepulauan Meranti itu berjalan sesuai prosedur.

"Tes ini diadakan untuk memudahkan anggota dalam melaksanakan tugas menggunakan Senpi, seperti Satuan Reskrim dan Satuan Narkoba, serta yang berada di Polsek yang memiliki resiko di lapangan dalam penangkapan pelaku kejahatan," ujarnya.

Hasil dari tes ini, ungkapnya, akan menjadi penilaian terhadap personel Polri dimana dia akan ditempatkan yang sesuai dengan fungsi dan kemampuannya. Sedangkan psikotes senpi akan menentukan apakah setiap personel cocok atau tidak memakai senjata.

Sementara itu, Ketua Tim Tes Psikologi dari Biro SDM Polda Riau, AKBP Dian Eka menjelaskan, tes itu bertujuan untuk mengetahui karakter masing-masing personel polri calon pemegang Senjata Api (Senpi), guna mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.

"Untuk yang lulus tes ataupun pemeriksaan psikologi calon pemegang Senjata Api Organik Polri, akan mendapatkan surat rekomendasi Pinjam Pakai Senpi dan setelahnya diharapkan untuk tidak menyalahgunakan Senpi," ujarnya.

Paur Humas Polres Kepulauan Meranti, IPTU Djonni Rekmamora kepada wartawan mengungkapkan, kegiatan itu diikuti oleh 159 orang peserta, yang terbagi dalam tiga kategori tes, yakni Tes Mapping berjumlah 76 orang, Tes Senpi 61 Orang dan Konseling 22 orang.

"Tim Biro SDM Polda Riau yang hadir memandu kegiatan tes psikologi, yakni AKBP Dian Eka, AKP Eko Purnomo, IPTU Yulius, AIPTU Pardizon dan Brigadir Ully," ungkapnya.

Sedangkan dari Polres Kepulauan Meranti, hadir Wakapolres KOMPOL Dr Wawan SH MH, Kabag Ops KOMPOL Joni Narta, Kabag Sumda KOMPOL Dodi Hasibuan, Kasat Lantas AKP Jalinus, Kasat Tahti IPTU Marianto, para Kapolsek serta personel Polres dan Polsek jajaran. (san)

Berita Lainnya

Index