Coming Soon Pekan Raya Biologi 2018, Scientist Muda Cerdas Berkarya

Coming Soon Pekan Raya Biologi 2018, Scientist Muda Cerdas Berkarya
Pembukaan Pekan Raya Biologi awal Tahun 2017 lalu

PEKANBARU- Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau kembali akan mengadakan acara Pekan Raya Biologi 2018. Agenda yang mencakup wilayah Riau dan Kepulauan Riau ini akan menyajikan serangkaian perlombaan.

Ratih Setiawati, selaku Koordinator Kesekretariatan Panitia kegiatan ini mengungkapkan, bahwa Pembukaan Stand Pendaftaran peserta PRB 2018 akan dilaksanakan pada Senin 23 Oktober 2017 mendatang, bertempat di kampus Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau.

"Pembukaan Stand Pendaftaran PRB 2018 akan melayani administrasi pendaftaran di semua cabang lomba pada Pekan Raya Biologi 2018 maupun Seminar Nasional," ungkapnya, Selasa 17 Oktober 2017.

Berbagai perlombaan yang akan dilaksanakan, seperti Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA); Uji Kompetensi Laboratorium (SMP-SMA); Cepat Tepat (SMP-SMA); Bio Expo School Competition (SMP-SMA); Mading 3D (SMP-SMA); Fotografi (SMA); Lomba Karya Tulis Remaja dan Poster Ilmiah (SMA); Melukis (SMP) serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional bertemakan tingkat mahasiswa se-Indonesia.

"Berbeda dari Pekan Raya Biologi tahun lalu, pada Pekan Raya Biologi 2018 ini nantinya terdapat cabang lomba terbaru yaitu Melukis tingkat SMA dan Fotografi tingkat Mahasiswa," kata Ratih.

Dikatakannya, Pekan Raya Biologi akan berlangsung pada Januari 2018 mendatang, di mana mencakup peserta tingkat SMP dan SMA se-Riau dan Kepulauan Riau serta mahasiswa seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti Gedung Aula Serba Guna, ruang kelas dan ruangan Micro Teaching.

Bersama dengan Pekan Raya Biologi 2018 ini pula, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi juga mengadakan Seminar Nasional bagi para dosen, guru sekolah menengah, mahasiswa dan umum, dengan tema "Membentuk Generasi Berkarakter melalui Revolusi Mental dalam Pendidikan IPA".

"Pemateri dalam Seminar Nasional masih berada dalam tahap pelobian. Sedangkan untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional akan menerbitkan sebuah Prosiding berisi seluruh Karya Tulis Ilmiah yang ikut berpartisipasi dan nantinya akan dibagikan kepada seluruh peserta Karya Tulis Ilmiah tersebut," tambah Dhea Oktama Rivaldo, selaku Ketua Pelaksana Pekan Raya Biologi 2018.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pd mengatakan, pihaknya selaku Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, dengan tangan terbuka menunggu seluruh peserta didik se-Riau dan Kepulauan Riau untuk mendaftarkan diri di PRB 2018.

"Kegiatan semacam ini penting dilakukan karena acara ini sangat bermanfaat, baik bagi siswa maupun Guru untuk mengasah kemampuannya di bidang Sains pada umumnya dan Biologi pada khususnya," ujar Evi Suryawati. (rls)

Berita Lainnya

Index