Wabup Kepulauan Meranti Buka Sosialisasi Aplikasi SULAP

Wabup Kepulauan Meranti Buka Sosialisasi Aplikasi SULAP
Wabup Kepulauan Meranti, Said Hasyim saat menyampaikan sambutan

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim membuka pelatihan sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Unit Layanan Pengadaan (SULAP) yang di taja oleh Bagian Unit Layanan Pengadaan Pemda, di Hotel Grand Meranti, Selasa 24 Oktober 2017.

Berbeda dari biasanya, pada kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada PPK, Pokja, pengelola ULP dan OPD itu, Wabup juga mengabsen para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pejabat yang tidak hadir langsung diperintahkan untuk segera hadir.

Kekesalan Wakil Bupati tampak saat akan menyampaikan pidato pembukaan dihadapan para nara sumber dari Provinsi Riau dan peserta. Bukannya langsung berdiri untuk memberikan pidato, Wabup hanya berdiam diri sambil memandang ke seluruh kursi peserta, dimana banyak Kepala OPD dan staf terkait yang tidak hadir.

Seketika Wakil Bupati langsung memerintahkan panitia dari Bagian Unit Layanan Pengadaan untuk mengambil absensi peserta dan memanggil satu-persatu Kepala OPD dan perwakilan. Terbukti saat diabsen hanya sebagian saja yang hadir, iapun langsung memerintahkan kepada panitia untuk menghubungi Kepala OPD yang tak hadir untuk segera hadir.

"Saya minta hubungi yang tak hadiri, kita tunggu 15 menit," ujar Wabup.

Selang beberapa menit barulah satu persatu peserta yang sebelumnya tak hadir memasuki ruangan acara, setelah semua kursi terisi, barulah Wakil Bupati Said Hasyim menyampaikan pidatonya.

Kepada seluruh hadirin, Wakil Bupati mengatakan pentingnya kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pengetahuan kepada peserta yang berujung pada semakin baiknya pelayanan dalam bidang pengadaan. Sistem Online yang terintegrasi sesuai dengan tuntutan zaman yang serba cepat dan praktis saat ini diyakini dapat memberikan kemudahan kepada pengguna khususnya yang berhubungan dengan pelayanan barang dan jasa.

"Apa yang saya lakukan ini hanya Ingin Meranti lebih baik lagi ke depan, dan sudah menjadi kewajiban dan tugas saya untuk menyampaikannya," ujar Wakil Bupati.

Untuk itu ia ingin seluruh peserta mengikutinya dengan serius sehingga kegiatan yang dibiayai oleh negara itu benar-benar bermanfaat, yakni pengetahuan yang di dapat bisa diaplikasikan oleh tiap peserta di OPD masing-masing.

"Kegiatan ini tidak gratis dan sudah menjadi program nasional bagaimana semua pengadaan harus dilakukan secara Online. Untuk itu kita harus ikuti dengan serius dan jangan sampai tertinggal, teknologi itu tidak menunggu kita tapi harus kita kejar," harapnya.

Apa yang dikatakan Wakil Bupati, senada dengan pemaparan Kabag Unit Layanan Pengadaan (ULP) Eldi Saputra, dijelaskannya, kegiatan itu dalam rangka meningkatkan pelayanan barang dan jasa pemerintah disamping untuk penguatan kelembagaan dan SDM. Sosialisasi itu juga merupakan jawaban dari pengembangan SDM di bidang layanan Pengadaan Pemkab Kepulauan Meranti.

Seperti diketahui, dari pemaparan nara sumber dari Pemprov Riau dalam hal ini Kabag Pelaporan Administrasi Pemerintahan Agusalim dan Kasubag LPSE Ismail. Aplikasi SULAP yang akan diterapkan itu membantu mempermudah PPK, Pokja, Pengelola ULP serta OPD dalam permasalahan banyaknya paket, banyaknya berkas pengadaan, masalah keamanan dokumen dan jawaban kepada pihak terkait kenapa paket belum di lelang.

Sehingga proses administrasi lelang berjalan dengan cepat, paket dan Pokja lebih tertata, pengarsipan dan monitoring lebih mudah.

Para peserta diberikan pemahaman bagaimana cara penggunaan aplikasi SULAP dalam layanan pengadaan, mulai dari cara masuk aplikasi hingga entri data pada Form dan lainnya.

Adapun fitur yang terdapat dalam Aplikasi Sistem Informasi Unit Layanan Pengadaan (SULAP), diantaranya Absensi, Pengiriman Dokumen RPP dari PPK ke ULP, Pembuatan Pokja, Pembuatan Surat Tugas, E-Tiketing, Form Pembuktian Kualifikasi Undangan Rekanan, Honorarium, Report, Notifikasi e-mail serta Integrasi dengan LPSE. (rls/san)

Berita Lainnya

Index