Hari Jadi Kecamatan Tebing Tinggi Timur Dirayakan

Hari Jadi Kecamatan Tebing Tinggi Timur Dirayakan
Penilaian makanan hasil olahan berbahan sagu

TEBINGTINGGI TIMUR - Staf Ahli Bupati Kepulauan Meranti Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. Said Asmarudin MM, menghadiri acara Syukuran Hari Jadi Kecamatan Tebing Tinggi Timur Ke-7 Tahun 2018, bertempat di halaman Kantor Camat, Desa Sungai Tohor, Sabtu 27 Januari 2018.

Turut mendampingi, Kepala Bagian Komunikasi dan Informasi Syaiful Ikram, Kabag Kesra Husni Gamal, Camat Tebing Tinggi Timur H. Suyatno, Sekretaris Camat Saripudin, Kepala Desa se-Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Tokoh Masyarakat, Agama dan Adat.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Meranti Drs. Said Asmarudin, mengucapkan selamat hari jadi Kecamatan Tebing Tinggi Timur seraya berharap Kecamatan yang terkenal sebagai daerah penghasil Sagu terbesar di Meranti ini lebih maju dan berkembang.

Seperti diketahui, Kecamatan Tebing Tinggi Timur dibentuk setelah dilakukan kajian akademis yang didukung dengan kerja keras para tokoh masyarakat setempat. Yang ditandai dengan dikeluarkannya Perda Nomor 8 Tahun 2011 Kabupaten Kepulauan Meranti pada tanggal 26 Januari 2011 yang kini ditetapkan sebagai hari jadi Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Sempena hari jadi Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Staf Ahli Bupati Said Asmarudin, menekankan pentingnya kebersamaan dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan Kecamatan Tebing Tingg Timur yang berkembang, sejahtera lahir dan bathin.

"Tanpa kebersamaan dan partisipasi masyarakat akan menyulitkan suatu daerah untuk maju dan berkembang, apalagi ditengah keterbatasan anggaran daerah saat ini, dan yang terpenting adalah tingkatkan jiwa gotong royong kita jangan terlalu mengantungkan diri kepada anggaran Pemda," ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan Said Asmarudin, Pemerintah Kabupaten terus berkomitmen membangun daerah hingga ke pelosok Desa, namun yang terjadi saat ini Pemda memiliki keterbatasan anggaran yang salah satunya disebabkan pemangkasan DBH Migas akibat jatuhnya harga minyak dunia.

"Jangan sampai mengira Pemerintah Kabupaten tidak peduli dengan pembangunan di Kecamatan, tetapi anggaran kita memang terbatas hanya berkisar 1 Triliun saja," papar Said.

Meski begitu, ia menyampaikan apresiasinya kepada Kecamatan Tebing Tinggi Timur yang tetap bersemangat dalam membangun daerah dan melestarikan seni budaya daerah seperti permainan menggolek tual Sagu dan olahan makanan berbahan dasar Sagu yang menjadi potensi utama Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bagian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Setdakab Meranti Syaiful Ikram yang juga tokoh masyarakat setempat, menurutnya lahirnya Kecamatan Tebing Tinggi Timur yang saat ini telah berusia 7 tahun bukan atas keinginan pemerintah, tetapi atas keinginan masyarakat yang diperjuangkan sejak zaman Kabupaten Bengkalis, dengan tujuan untuk memperpendek rentang kendali administrasi sehingga masyarakat lebih mudah mengurus urusan kependudukan dan lainnya.

Karena keinginan pemekaran itu berasal dari masyarakat sendiri, untuk itu ia berharap masyarakat lebih berpartisipasi membangun daerah dengan menumbuhkan kembali semangat gotong royong yang semakin memudar saat ini.

Diceritakannya, dahulu Pemerintah Desa hampir tidak memiliki dana untuk pembangunan tapi berkat kerjasama dan gotong rotong pembangunan tetap bisa berjalan.

"Mari kita tingkatkan lagi semangat gotong royong dalam membangun daerah, saat ini Pemerintah Daerah mengalami krisis pendanaan, namun kebutuhan masyarakat terus meningkat. Salah satu solusi yang dapat kita lakukan mari berpartisipasi jangan lagi hanya menunggu uang dari Kabupaten dalam membangun Desa," ajak Syaiful Ikram.

Tak lupa iapun mengajak saudara yang berada di rantau untuk kembali bersama-sama membangun kampung. "Kita jangan hanya bisa hebat di kampung orang, tapi tak berguna di kampung sendiri," ujarnya.

Satu hal lagi yang juga penting menurut Syaiful Ikram, bagaimana mendudukan anak watan menjadi legislator, tujuannya adalah agar aspirasi Kecamatan dapat lebih optimal diperjuangkan baik terkait anggaran Kecamatan maupun program lainnya.

"Sebentar lagi kita akan memasuki tahun politik, mari kita dukung putra daerah agar bisa memperjuangkan nasib kampung ini, berbeda pilihan hal yang wajar, yang penting jangan sampai terpecah belah," pungkasnya mengakhiri.

Camat Tebing Tinggi Timur Suyatno SPd MM, dalam pidatonya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di seluruh desa berkomitmen melaksanakan dan mendukung tujuan pemekaran, yakni dalam rangka meningkatkan perkembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita tingkatkan persatuan dan kerja keras, sebab tanpa dukungan dari semua, cita cita yang kita harapkan tidak akan bisa terwujud," ujar Camat.

Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba Menggolek Diatas Tual Sagu dan Lomba Memasak Berbahan Dasar Sagu, yang ditandai dengan penyerahan tropi oleh Staf Ahli Bupati Said Asmarudin didampingi Camat Tebing Tinggi Timur Suyatno, Kabag Kesra Husni Gamal, Kabag Kominfo Syaiful Ikram dan lainnya. (rls/san)

Berita Lainnya

Index