Camat Se-Rohil Diminta Rekap Usulan Musrenbang

Camat Se-Rohil Diminta Rekap Usulan Musrenbang
Kepala Bappeda Rohil, HM Job Kurniawan, saat diwawancarai sejumlah wartawan

BAGANSIAPIAPI - Satu persatu Kelurahan dan Kepenghuluan di Rokan Hilir telah selesai melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Dengan selesainya Kelurahan dan Kepenghuluan melaksanakan musrenbang, selanjutnya akan dilaksanakan musrenbang tingkat Kecamatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Rohil, HM Job Kurniawan mengatakan, usai pelaksanaan Musrenbang tingkat Kepenghuluan dan Kelurahan, selanjutnya dilakukan Musrenbang tingkat Kecamatan.

"Dijadwalkan Musrenbang tingkat Kecamatan akan dimulai pada minggu ke dua bulan Februari 2018, dan Musrenbang tingkat Kabupaten pada minggu ke dua bulan Maret 2018 ini," kata Job Kurniawan, Jumat 2 Februari 2018, di Gedung Nasional, Kota Bagansiapiapi.

Rohil, jelasnya, terdiri dari 18 Kecamatan yang wajib melaksanakan Musrenbang di Kecamatan masing-masing. Kelurahan dan Kepenghuluan pun diminta agar menyusun apa saja usulan yang akan disampaikan di Musrenbang tingkat Kecamatan. Pihak Kecamatan selanjutnya mencatat dan menyusun apa saja usulan yang disampaikan.

"Susun dan dipilah-pilah, serta direkap mana saja usulan masyarakat yang harus disampaikan ke Kabupaten, mana yang diusulkan ke Provinsi, sehingga mudah saat disampaikan usulan-usulan pada Musrenbang tingkat Kabupaten," jelas Job.

Usulan yang disampaikan masyarakat dan Kepenghuluan di Musrenbang Kecamatan, jelasnya, hendaknya bukan usulan yang sudah ada direncanakan dan akan dilaksanakan di tingkat Kepenghuluan, yakni rencana kerja yang bersumber dari Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD).

"Rencana kerja di Kepenghuluan beda dengan rencana kerja yang disampaikan melalui Musrenbang. Kalau usulan yang disampaikan di Musrenbang adalah usulan rencana kerja yang akan dilaksanakan Kabupaten, dan usulan yang akan disampaikan ke Provinsi. Kalau sudah ada di rencana kegiatan DD dan ADD, tidak diusulkan lagi di Musrenbang," terangnya. (AMN)

Berita Lainnya

Index