Baharkam Polri Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas di Riau

Baharkam Polri Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas di Riau
Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, SH, MHum, secara simbolis menyerahkan sepeda motor dinas Bhabinkamtibmas kepada Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH

PEKANBARU - Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas dan Personel Polri dalam program 1 Quick Wins serta In House Training (IHT) Pilot Project Pengembangan Polmas jajaran Polda Riau.

Kegiatan itu bertujuan untuk mendukung suksesnya Pengamanan Pilkada Serentak 2018 dan Tahapan Pemilu 2019 di Provinsi Riau. Bertempat di Ballroom Hotel Premiere, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Rabu 7 Februari 2018.

Hadir dalam kegiatan itu, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, SH, MHum, Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs. Ermi Widyatno MM, Dirbin Polmas Brigjen Pol Drs. Istiono MH, Export JICA Komisaris Besar Mr. Sasaki Yoshiyaki dan para pejabat utama jajaran Polda Riau.

Kegiatan diawali dengan sambutan Wakapolda Riau, Brigjen Pol Drs. Ermi Widyatno, MM, yang menyampaikan arahan Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Nandang, MH. Dikatakannya, Bhabinkamtibmas memiliki peran yang sangat sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas.

"Personil Bhabinkamtibmas yang ditugaskan di Desa dan Kelurahan merupakan ujung tombak Pelayanan Kepolisian. Diharapkan dapat berperan dalam pencegahan gangguan Kamtibmas dan menciptakan situasi yang kondusif serta memberikan rasa aman bagi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, segala permasalahan yang muncul di masyarakat harus diantisipasi demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya ancaman Radikalisme dan Disintegrasi bangsa di wilayah Provinsi Riau.

Penyelenggaraan Harkamtibmas melalui program Polmas telah mampu meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi di Masyarakat, serta semakin kuat daya cegah dan daya tangkal di masyarakat.

Dikatakannya, kegiatan ini sebagai pemahaman anggota untuk dapat melakukan antisipasi sejak dini. Paham yang bertentangan dengan Pancasila dapat ditepis agar tidak dapat menyebar di tengah masyarakat, khususnya masyarakat Riau.

Selain itu, dengan bertambahnya kemampuan dan keterampilan personel dalam pelaksanaan tugas di lapangan, tentunya akan berguna untuk mendukung suksesnya pengamanan Pilkada serentak tahun 2018, serta tahapan Pileg dan Pilpres 2019 di Provinsi Riau.

Kemudian Export JICA Komisaris Besar Polisi Jepang Mr. Sasaki Yoshiyaki dalam sambutannya mengatakan, kemenangan Polda Riau dalam lomba Polmas memiliki arti yang sangat penting, oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang baik, pihaknya ikut melakukan monitoring pelaksanaan IHT serta melaksanakan Follow up terhadap pelaksanaan kegiatan di Polsek Pilot Project.

"Kegiatan Polmas menjadi pilar utama untuk meraih kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian, terlihat sejak adanya kerjasama JICA dengan Polri tahun 2002 lalu dalam rangka menyebarkan kegiatan Polmas, dan Polmas di Bekasi menjadi percontohan saat ini," ungkap Sasaki.

Pada tahun 2016, kegiatan Polmas telah diperluas menjadi 16 Polda. Pada 16 Polda itu terdapat 40 Polres yang menjadi pusat pelaksanaan Polmas ala Bekasi. Polda Riau menetapkan 3 Polres, yaitu Polresta Pekanbaru, Polres Siak dan Polres Bengkalis sebagai pusat kegiatan dalam penyebaran dan implementasi kegiatan Polmas keseluruhan jajaran Polda Riau.

Harapannya pada Pelatihan IHT kali ini, menjadi materi pelatihan yang berkualitas yang berhubungan dengan kegiatan kunjungan atau DDS, Problem Solving dan kendali tugas, sekaligus mempertunjukkan hasil optimal yang telah di raih Polda Riau.

Pada pelatihan praktek yang dilaksanakan di Polsek Bukit Raya, diharapkan dapat menyebar ke Polsek Polsek lainnya. Dengan siklus seperti ini, kegiatan ini dapat dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Riau.

Sementara Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, SH, MHum menyampaikan apresiasi atas Juara satu Lomba Polmas yang di raih Polresta Pekanbaru.

"Mengingatkan kembali tupoksi kita, fungsi Bhabinkamtibmas memberikan pemahaman intolerasi, termasuk mengingatkan tentang Netralitas Polri dalam rangka Pilkada serentak 2018 di jajaran Polda Riau," ujarnya.

Di akhir sambutannya, Kabaharkam Polri memberikan kuis kepada para peserta dan mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Dengan diadakannya kegiatan ini, anggota diharapkan mampu menjalankan Program Promoter Kapolri.

Kabaharkam Polri secara simbolis juga memberikan sepeda motor dinas untuk para Bhabinkamtibmas kepada Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH, serta para Kapolres jajaran Polda Riau lainnya.

"Polda Riau mendapat Award dari Kapolri, kerjasama JICA dengan Polri. Polda Riau terutama Polresta Pekanbaru, Polsek Bukitraya dinyatakan dengan kuantitas baik. Kita mengecek secara kualitas, apakah sudah sesuai dengan paparan saat menjuarai Polmas di Jakarta kemarin. Nanti bila bagus akan menjadi Pilot Project untuk wilayah Polda Riau dan Polda-Polda lainnya," tutup mantan Kapolresta Pekanbaru ini. (rls/san)

Berita Lainnya

Index