Pemkab Rohil Tawarkan Investor Kelola Objek Wisata

Pemkab Rohil Tawarkan Investor Kelola Objek Wisata
Bupati Rohil, H Suyatno dan Kadisparpora H Ali Asfar menyusuri Danau Janda Gatal beberapa waktu lalu. (f-amran)

BAGANSIAPIAPI - Pemkab Rohil melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora), menawarkan kepada para investor untuk berinvestasi mengembangkan objek wisata alam Danau Janda Gatal, yang berada di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Rohil, H Ali Asfar MSi, kemarin di Kawasan Pusat Perkantoran Pemkab Rohil (KP3R) di Bagan Centre.

"Kita tawarkan kepada investor mengelola objek wisata Danau Janda Gatal tersebut. Kalau ada investor yang berminat silahkan kelola," kata Ali Asfar.

Selain itu, Ali Asfar juga meminta kepada warga Rohil yang berada di daerah lain, agar ikut serta mengembangkan objek wisata di daerahnya.

"Banyak warga dari Rohil ini sukses sebagai pengusaha di daerah lain. Kepada mereka, kita juga tawarkan untuk berinvestasi mengelola objek wisata Danau Janda Gatal tersebut. Tidak saja objek wisata Danau Janda Gatal, tapi juga objek wisata lainnya," terang Ali Asfar.

Dikatakan Ali Asfar, objek wisata Danau Janda Gatal merupakan objek wisata yang letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Bagansiapiapi. Objek wisata itu, jelas Ali Asfar, memang sangat jarang di kunjungi wisatawan luar, disebabkan masih minim sarana dan prasarana. Meski masih ada keterbatasan, danau tersebut saat ini sudah dijadikan sebagai objek wisata memancing, dan dapat dijadikan sebagai lokasi berkemah.

"Di Bagansiapiapi ini ada beberapa iven wisata. Setidaknya ada empat iven wisata, yakni iven wisata nasional Ritual Bakar Tongkang, Imlek, Cap Go Meh dan sembahyang hantu. Banyak dari warga kita tionghoa yang datang habis acara langsung pulang, tanpa melakukan kunjungan ke objek wisata yang ada. Melihat letak Danau Janda Gatal tersebut tidak jauh dari Bagansiapiapi, sangat potensial dikembangkan sebagai objek wisata," tutur Ali Asfar.

Dikatakan Ali Asfar, di Danau Janda Gatal tersebut tidak saja dapat dijadikan sebagai tempat memancing saja, tapi juga dapat dikembangkan menjadi tempat wisata kuliner, rekreasi dan beragam kegiatan wisata lainnya. Pengusaha juga, jelas Ali Asfar, dapat berinvestasi dibidang kuliner sea food. Sebagai daerah yang dikenal sebagai penghasil ikan di dunia dan di Indonesia, maka Pemkab Rohil juga sangat menyambut baik jika ada pengusaha yang mau berinvestasi di bidang restoran sea food di Objek Wisata Pinggiran Sungai Rokan.

"Jadi kalau ada pengusaha yang mau berinvestasi mengelola objek-objek wisata yang ada di Rohil ini silahkan saja," pungkas Ali Asfar. (AMN)

Berita Lainnya

Index