Wabup Meranti Buka Workshop Arah Pedoman Pembangunan Desa

Wabup Meranti Buka Workshop Arah Pedoman Pembangunan Desa
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim membuka Workshop Arah dan Pedoman Pembangunan Desa

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim membuka Workshop Arah dan Pedoman Pembangunan Desa di Ballroom Grand Meranti Hotel Jalan Kartini Selatpanjang, Kamis 8 Maret 2018, yang di tanja oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyatakan tekad Pemkab Kepulauan Meranti untuk mewujudkan 9 Agenda Proritas Pemerintah Republik Indonesia seperti menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara.

Untuk itu, ujarnya, pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, juga membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan Desa.

"Salah satu caranya, yakni melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, sehingga meningkat kualitas hidup manusia Indonesia dan juga meningkat produktifitas rakyat yang berdaya saing di pasar internasional," ucapnya.

Demi terwujudnya tekad tersebut, Wabup meminta seluruh elemen, baik dari masyarakat maupun pemerintah untuk dapat mendukung program-program untuk tercapainya 9 nawacita Presiden Jokowi tersebut, khususnya nawacita ke-3, yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran.

"Seperti Kabupaten Kepulauan Meranti yang termasuk daerah pinggiran, yang berbatasan dengan negara tetangga, yang termasuk di dalam prioritas Pemerintah," ungkapnya.

Dikatakan Wabup, salah satu program yang dikembangkan adalah Street Level Innovation (SLI) yang merupakan salah satu cara untuk mengakselerasi inovasi-inovasi yang dilakukan di unit-unit pemerintahan yang berada pada garis depan, yang berhubungan langsung dengan masyarakat, khususnya di tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Dalam kegiatan ini hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ikhwani, para Camat, Lurah, Kades dan Sekdes se-Kabupaten Kepulauan Meranti, serta narasumber Workshop Arah dan Pedoman Pembangunan Desa dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). (rls)

Berita Lainnya

Index