Aparatur Pemerintah di Meranti Dilatih Gunakan GPS

Aparatur Pemerintah di Meranti Dilatih Gunakan GPS
Penandatanganan berita acara penyerahan alat GPS kepada para Camat

SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Alat GPS Bagi Aparatur Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Kepulauan Meranti, di Aula Kantor Bupati, kemarin.

Kegiatan pelatihan penggunaan GPS yang di khususkan kepada aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang membidangi urusan pengukuran tanah itu, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis.

Turut hadir pada acara itu, Staf Ahli Bupati, para Kabag di lingkungan Sekretariat Daerah, Kepala Seksi Infrastruktur Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kepulauan Meranti Ruskandi, para Camat, Lurah dan Kades se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Seperti dijelaskan Kabag Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Mulyadi, Bimtek yang digelar dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah, terkait pengenalan dan penggunaan alat GPS dalam proses pengukuran tanah, khususnya staf Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang membidangi masalah pengukuran tanah.

"Masalah penetapan tapal batas dalam menentukan batas wilayah antar Kecamatan, Keluarahan dan Desa, acap kali menjadi masalah disebuah Kabupaten baru dan harus mendapat perhatian serius," ucapnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang membidangi masalah pengukuran tanah masih menggunakan cara manual dalam menjalankan tugasnya. Akibatnya efisiensi dan akurasi dari posisi tanah atau wilayah yang diukur belum optimal serta berpotensi terjadinya permasalahan sengketa.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Daerah, Yulian Norwis, yang menyambut baik dilaksanakannya kegiatan tersebut. Sekda berharap, dengan mampunya aparatur menggunakan GPS dapat mengatasi masalah tapal batas wilayah dan lahan maayarakat, sehingga risiko terjadinya sengketa akibat tidak akuratnya pengukuran dapat diminimalisir.

Untuk itu Sekda Yulian Norwis meminta kepada seluruh aparatur yang mengikuti Bimtek untuk mengikutinya dengan serius sehingga ilmu yang didapat benar benar mampu diterapkan dalam mendukung tugas tugas dilapangan.

"Kegiatan ini hendaknya dapat di ikuti dengan serius agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah, semoga aparatur Kecamatan, Lurah dan Desa yang mengikuti Bimtek dapat menggunakan GPS dengan baik," harap Sekda.

Selain itu, tambahnya, pemetaan wilayah juga dapat mendukung pengoptimalan perancangan Demografi daerah yang saat ini tengah disusun oleh Kelurahan dan Kecamatan.

"Dengan dukungan pemetaan wilayah yang akurat dapat memperkuat perancangan Demografi daerah, sehingga batas wilayah dengan potensi yang dimiliki dapat dibuat dengan maksimal," ujar Sekda.

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan alat GPS merek Garmin dari Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah selaku penyelenggara, penyerahan alat langsung dilakukan oleh Sekda Yulian Norwis kepada Camat Se-Kabupaten Kepulauan Meranti. (rls)

Berita Lainnya

Index