OPD Diminta Responsif Menyikapi Kebutuhan Masyarakat

OPD Diminta Responsif Menyikapi Kebutuhan Masyarakat
Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir didampingi Sekda Yulian Norwis saat memimpin rapat

SELATPANJANG - Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kepulauan Meranti sangat dinantikan masyarakat, untuk itu seluruh OPD diminta lebih responsif menyikapi kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan segera melaksanakan proses kegiatan pelelangan.

Hal itu ditegaskan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, saat memimpin rapat evaluasi progres input RUP yang ditaja oleh Bagian Pengadaan Sekretariat Daerah Kepulauan Meranti, di ruang rapat Melati, Kantor Bupati, Rabu 4 April 2018.

"Saya minta semua Dinas dan Bagian yang akan melakukan pelelangan kegiatan segera sampaikan RUP ke ULP, jangan di tahan-tahan agar kegiatan tidak terkendala, dan pejabat bersangkutan tidak berurusan dengan hukum," ingat Bupati Irwan.

Pengusulan RUP lebih awal, jelasnya, selain untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan juga untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan dana akibat keterbatasan dana di kas daerah.

"Kegiatan yang dianggap paling strategis karena berhubungan langsung dengan hajat hidup masyarakat menjadi prioritas utama," tegasnya.

Dengan pelaporan RUP lebih awal, terang Bupati lagi, dapat dilakukan evaluasi dan pertimbangan terhadap kegiatan, sehingga kegiatan yang sifatnya prioritas tetap berjalan meski dana terbatas.

Bupati juga mengingatkan, dalam pelaksanaan kegiatan pelelangan agar fokus dan tidak hanya berorientasi proyek, sehingga kegiatan yang dilaksanakan benar-benar sesuai harapan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya ingatkan bagi pejabat pelaksana kegiatan jangan sekali-kali bicara dan berfikir proyek, tapi fikirkanlah manfaat program," ucapnya lagi.

Sementara itu terkait penginputan ke dalam sistem RUP, diakui oleh semua Kepala OPD tidak ada kendala berarti, karena semua dapat masuk ke dalam sistem beralamat www.sirup.lkpp.go.id, yang terbukti dengan telah masuknya beberapa kegiatan pelelangan oleh Dinas, seperti Dinas Kesehatan, Perkebunan dan Hortikultura, Dinas Perikanan dan lainnya, dengan total 58 kegiatan. (rls)

Berita Lainnya

Index