MTQ Ke-8 Kecamatan Tebing Tinggi Timur Resmi Dibuka

MTQ Ke-8 Kecamatan Tebing Tinggi Timur Resmi Dibuka
MTQ Kecamatan Tebing Tinggi Timur resmi dibuka

TEBINGTINGGI TIMUR - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim membuka MTQ Ke-8 Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Timur (3T) Tahun 2018. Kegiatan dalam rangka membangun SDM bidang mental dan spiritual melalui baca Al-Quran itu, dipusatkan di Desa Lukun, Rabu malam 4 April 2018.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Asisten I Setdakab Meranti Jonizar, Kabag Kominfo Syaiful Ikram, Camat Tebing Tinggi Timur Suyatno, Ketua MUI Mustafa, Ketua LPTQ Zulkhairil, Kepala Desa Lukun Lukman, Pemuka Masyarakat, Qori dan Qoriah, serta ribuan warga.

Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Timur ditandai dengan penekanan sirene dan pemukulan beduk oleh Wakil Bupati Said Hasyim besama Ketua DPRD Fauzi Hasan dan rombongan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim, mengungkapkan apresiasinya kepada Pengurus LPTQ yang telah bekerja keras membina dan meningkatkan prestasi Qori dan Qoriah Kepulauan Meranti dalam seni baca Al-Quran.

Kedepan dalam rangka mendukung program LPTQ itu, Wakil Bupati berjanji akan berupaya mengalokasikan anggaran yang cukup untuk LPTQ, sekaligus untuk mensukseskan program Pemda Kepulauan Meranti dalam mencetak seribu Hafiz Al-Quran.

"Semoga negeri kita menjadi negeri yang Baldatun, Thoyibatun, Warobbun Ghofur," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Meranti Said Hasyim, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk kembali kepada Al-Quran, menurutnya Al-Quran jangan hanya dijadikan pajangan dan diperlombakan saja, lebih daripada itu harus dipahami isi dan kandungannya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

"Jadi tujuan dari MTQ ini pada hekekatnya adalah untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap baca Al-Quran, memahami isi kandungannya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari," ujarnya.

Wakil Bupati mewanti wanti jangan sampai ada anak dan remaja di Meranti yang tidak bisa baca Al-Quran, karena dengan membaca Al-Quran diyakini akan membuat Meranti menjadi makmur dan sejahtera.

"Berkaca dari pengalaman negara negara yang menerapkan syariat islam seperti Turki dan Brunei negerinya maju dan masyarakat sejahtera. Untuk itu sebagai umat islam mari perbanyak baca Al-Quran demi kemakmuran Meranti dimasa datang," ucapnya lagi.

Dan kepada masyarakat Lukun yang dulunya terkenal sebagai daerah yang banyak menelurkan Qori dan Qoriah terbaik Meranti, Wakil Bupati menghimbau untuk terus memperdalam seni baca tulis Al-Quran sehingga prestasi Qori dan Qoriah Kecamatan Tebing Tinggi Timur dapat ditingkatkan. Khususnya dalam menghadapi perlombaan MTQ Tingkat Kabupaten dan Provinsi yang akan datang dimana Meranti menargetkan keluar sebagai juara umum.

Sementara itu Kades Lukun, Lukman, dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim yang berkesempatan hadir untuk membuka MTQ Ke-8 Tingkat Kecamatan 3T serta bertatap muka langsung dengan warga setempat.

Dihadapan Wakil Bupati dan rombongan, Kades Lukun juga menyampaikan rasa bangganya atas penunjukan Desa Lukun, menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Kecamatan yang sudah dinantikan warga sejak lama, seiring dengan selesainya gedung serba guna yang menjadi kebanggaan desa tersebut.

Selain mengungkapkan rasa bangga atas penunjukan desa yang dipimpinnya sebagai tuan rumah MTQ Kecamatan, Kades Lukun juga menyampaikan kepada Wakil Bupati, aspirasi warga yang mengusulkan pengadaan kempang besar sebagai alat transportasi warga dalam rangka membuka isolasi daerah.

"Semoga dapat membantu membawa anak anak menuju sekolah yang berada diseberang," ucapnya.

Terakhir Camat Tebing Tinggi Timur, Suyatno, menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Lukun yang telah mensukseskan penyelenggaraan MTQ Ke-8 Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Timur. (rls/san)

Berita Lainnya

Index