Bupati Kepulauan Meranti Siapkan Lahan Pembangunan Lapas

Bupati Kepulauan Meranti Siapkan Lahan Pembangunan Lapas
Bupati Kepulauan Meranti, Drs. Irwan, M.Si menemui Kakanwil Kemenkum HAM Riau, M. Diah, SH, MH di Pekanbaru, Kamis 3 Mei 2018

PEKANBARU - Bupati Kepulauan Meranti, Drs. Irwan, M.Si, menyatakan kesediaannya untuk menyiapkan lahan bagi pembangunan Gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di daerah ini, mengingat penuhnya Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Bengkalis di Selatpanjang.

Kesediaan itu disampaikan Bupati Irwan saat menemui langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau, M. Diah, SH, MH, di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Kamis, 3 Mei 2018.

Kunjungan kerja Bupati Kepulauan Meranti turut didampingi Anggota Komisi 1 DPRD Kepulauan Meranti, Fauzi, Asisten 1 Setdakab, Jonizar, Kabag Humas dan Protokol, Helfandi, Kabag Hukum, Sudandri dan Kabag Kesra, Husni Gamal.

Kabag Humas dan Protokol, Helfandi, kepada wartawan mengungkapkan, kunjungan Bupati itu seperti halnya pertemuan saudara, bukan hanya silaturahim antara Pemkab Kepulauan Meranti dengan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau, namun juga silaturahim saudara se-Kampung.

"Banyak hal yang dibicarakan, seperti riwayat tugas Kakanwil yang asli kelahiran Desa Bina Sempian, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti, sampai dengan membicarakan program Kanwil Kemenkum HAM Riau yang dapat dikerjasamakan dengan Pemkab Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Pada pertemuan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau, M. Diah, SH, MH, mengaku sangat senang sekali dikunjungi saudara - saudara dari Kabupaten Kepulauan Meranti.

Diah mengungkapkan, ada beberapa program yang dapat disinergikan dengan Pemkab Kepulauan Meranti, seperti Bantuan Hukum untuk Masyarakat yang membutuhkan, Desa Sadar Hukum, Hak Azasi Manusia, Kekayaan Intelektual dan Produk-produk Hukum Daerah.

Menanggapi rencana program Kakanwil Kemenkum HAM Riau, Bupati Kepulauan Meranti menyambut baik dan mengaku siap melakukan kerjasama, serta menyampaikan undangan kepada Kakanwil Kemenkum HAM Riau, M. Diah untuk pulang kampung ke Kepulauan Meranti.

Pada kesempatan itu, Bupati Irwan menyampaikan tentang kondisi Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Bengkalis di Selatpanjang, dimana Rutan yang berlokasi di Tanjung Mayat Selatpanjang sudah penuh dan harus dicarikan solusinya.

"Bupati mengatakan siap untuk menyediakan lahan baru bagi pembangunan Lapas di Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Kabag Humas, Helfandi.

Selain membicarakan soal kondisi Rutan di Selatpanjang, Bupati juga membicarakan tentang Sekolah Tinggi Kemenkum HAM, serta meminta agar adanya sosialisasi dan pembinaan untuk putra putri Kepulauan Meranti agar dapat masuk di Sekolah Tinggi itu.

Selain itu, Bupati menyatakan siap membantu Kemenkum HAM dalam penyuluhan pencegahan Narkoba dan Kekerasan pada Anak di Kepulauan Meranti, karena masyarakat di daerah ini sangat membutuhkan adanya penyuluhan tersebut. (san)

Berita Lainnya

Index