Peserta Seminar Teknik Perminyakan UIR Kunjungi PT. CPI

Peserta Seminar Teknik Perminyakan UIR Kunjungi PT. CPI
Peserta Seminar International Teknik Perminyakan UIR saat mengunjungi lapangan Minyak Minas milik PT. CPI
PEKANBARU - Seminar bertaraf international yang digelar Prodi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR), Selasa 28 Agustus 2018 kemarin, dilanjutkan dengan kunjungan ke PT. CPI di Minas Field, Rabu 29 Agustus 2018.
 
Rombongan yang berjumlah 48 orang terdiri dari berbagai kampus dalam dan luar negeri seperti dari Inha Univ (Korsel), Kyushu Univ (Jepang), University Kebangsaan Malaysia (UKM), Univerity Technology Malaysia (UTM), Univeritas Pertamina (Indonesia) dan Univ Islam Riau (UIR).
 
Kegiatan diawali dengan sambutan dari GM GAOS (Government Affairs and Operation Support), Sukamto Tamrin di ruangan (IODSC) Integrated Optimization Decision Support Centre.
 
Rombongan international joint field trip ini didampingi oleh tim dari perwakilan SKK Migas Sumbagut yang diwakili oleh Haryanto Syafri dan beberapa stafnya, juga dihadiri Muhammad Rivai Lasahido dari SKK Migas Pusat.
 
Pihak CPI memberikan informasi seputar PT CPI selama melaksanakan operasi produksi minyak bumi dengan menggunakan teknologi dalam rangka melakukan efesiensi dari berbagai lini yang ada. Pemaparan materi dilakukan oleh Sukamto Tamrin, Kynan Scarr (Manager IODSC), Johar Pribawana, Hanny Aggaraini.
 
Setelah pemaparan materi dari pihak PT. CPI beberapa pertanyaan diajukan terkait teknik-teknik efisiensi yang telah dilakukan untuk menunjang operasi di salah satu lapangan minyak yang terbesar yang dimiliki PT. CPI di Indonesia.
 
Peserta field trip begitu antusias mendengarkan jawaban yang disampaikan oleh pemateri. Banyak hal yang dapat dipelajari oleh peserta field trip dari hasil pemaparan yang dilakukan diruangan IODSC tersebut. Tentunya pemaparan terkait dengan operasi minyak dari lapangan Minas tersebut memberikan pengetahuan tambahan bagi peserta field trip yang hadir saat itu.
 
Kegiatan ini mendapat apresiasi dari PT. CPI sendiri maupun dari perwakilan SKK Migas Sumbagut dan hal ini dapat dilihat dari dukungan penuh yang telah diberikan oleh SKK Migas selama kegiatan ini berlangsung.
 
Setelah presentasi selesai dilakukan dilanjutkan dengan makan siang bersama di mess hall dan acara makan siang berjalan santai dan saling melakukan diskusi antar peserta maupun peserta dengan pihak SKK Migas dan pegawai PT. CPI yang hadir pada acara tersebut.
 
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi sumur injeksi dan sumur produksi yang ada di lapangan minyak Minas. Penjelasan sangat detail dan kompreshensif oleh Hanny Anggaraini terkait dengan sumur injeksi dan sumur produksi tersebut.
 
Penjelasan yang diberikan membuat peserta memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan sumur sumur minyak yang ada dilapangan Minas. Semua pertanyaan dijawab dengan jelas oleh Hanny dengan penuh semangat karena begitu antusiasnya peserta yang mengikuti kunjungan.
 
Setelah semua pertanyaan dijawab dan waktu kunjungan pun selesai dilakukan, rombongan kembali ke Pekanbaru dan kembali menuju UIR serta mempersiapkan kunjungan berikutnya ke Lapangan Zamrud di Kabupaten Siak pada hari Kamis 30 Agustus 2018.
 
"Semoga kegiatan international joint field trip ini tetap dilakukan pada tahun berikutnya sehingga networking antar university-university terus dapat dikembangkan serta hubungan antara universitas dengan dunia industri khususnya industri migas akan terus ditingkatkan," kata Ketua Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik UIR, Dr. Eng. Muslim. (rls/red)

Berita Lainnya

Index