PILIHAN KARIR BUAT MAHASISWA DAN ALUMNI FKIP UNILAK

PILIHAN KARIR BUAT MAHASISWA DAN ALUMNI FKIP UNILAK
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang ada di Universitas Lancang Kuning

Pekanbaru - Guru adalah tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, memberikan bimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi (Undang-Undang No.2 Tahun 2003 Pasal 39 ayat 2). Memilih jurusan keguruan artinya pembelajar memahami benar bahwa mereka akan memiliki keahlian berlipat ganda dalam menghadapi dunia kerja kelak setelah lulus kuliah.

 

Tugas mahasiswa FKIP Unilak yaitu membimbing dirinya sendiri dalam masa perkembangan keilmuannya untuk menjadi orang yang dewasa melalui proses pembelajaran. Dewasa dalam konteks ini adalah orang yang mempunyai keimanan yang aplikabel, keilmuan yang mapan, berakhlak mulia, dan mempunyai kepribadian yang baik. Indikator – indikator tersebut akan mereka peroleh meskipun tanpa sadar dalam proses pembelajaran. “seperti contoh sederhananya, Penerapan Berpakaian Perkuliahan yang harus sopan adalah ciri-ciri ‘Anak FKIP Unilak’ jelas Dr. Herlinawati M.Ed, Dekan FKIP Unilak.

 

Selain menjadi Guru, berikut beberapa pilihan Karir buat kamu yang siap Kuliah di FKIP Unilak:

1. Enterpreneur Mahasiswa di FKIP Unilak akan diajarkan ilmu-ilmu untuk menjadi real entrepreneur (Value Creator). Mereka adalah mahasiswa yang mendapatkan keuntungan dari hasil inovasinya yang diapresiasi dan menjadi solusi baru bagi kehidupan masyarakat luas. Menjadi mahasiswa FKIP Unilak adalah kesempatan untuk menjalin relasi sebanyak mungkin dan itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang studi maupun yang sudah lulus. Dengan berkreasi mandiri mereka tak akan merepotkan orang tua lagi sehingga bisa membiayai kuliah sendiri.

2. Akademisi Sebagian besar alumni FKIP Unilak sudah menjadi para Akademikus yang berpendidikan tinggi dan intelektual, mereka menekuni ahli profesi sebagai staff ahli, penulis berprestasi, youtuber edukasi dan pencipta kamus bahasa. Mereka juga banyak menciptakan karya penelitian (penemuan) yang bermanfaat bagi pengabdian untuk masyarakat dan pembendaharaan sumber ilmu pengetahuan baru. Menjadi akademisi sama halnya menciptakan rezeki yang abadi. Karir para akademisi tidak terbatas oleh usia pensiun.

3. Public Figure Kata lainnya adalah ‘Tokoh’ baik dalam masyarakat maupun di dunia digital. Di FKIP Unilak banyak organisasi kemahasiswaan yang menstimulus mahasiswa untuk menjadi orang bermental besar. Dengan bakat dan keahlian yang dimilikinya sehingga mereka mampu menjadi sosok yang dipatuhi atau dikagumi karena bermanfaat bagi banyak kalangan. Tentu ini bisa menjadi jaminan bagi masa depan Sang Mahasiswa. Hal yang terpenting untuk menjadikan seseorang disebut sebagai publik figur adalah dengan senantiasa menjaga perilaku, etika dan moralitasnya.

 

Kemudian, seorang publik figur juga mempunyai peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Inilah yang menjadikan seorang publik figur dapat dilekatkan sebagai seorang tokoh idola dan panutan bagi masyarakat umum. Mereka mampu merubah nasib bermula dari bangku kuliah. Selain kesempatan – kesempatan emas diatas, pihak Universitas Lancang Kuning juga sangat memperhatikan mahasiswa dan para alumninya. Dalam diskusi bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unilak yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 pukul 13.00 WIB di ruang rapat lantai tiga rektorat, Rektor Unilak Dr. Junaidi, S.S.M.Hum, juga menegaskan bahwa pihaknya akan membentuk bidang khusus yang memfasilitasi pilihan karir para mahasiswa Unilak setelah lulus. “pada tahun 2020 ini saya akan membentuk unit khusus yang fokus pada penempatan para mahasiswa yang kelak telah selesai studi dikampus Unilak, sehingga mereka bisa menjadikan tawaran ini sebagai alternatif masa depan karir mereka” terang Pak Jun, sapaan akrabnya.

 

Menyikapi keterbukaan ini, Ketua IKA FKIP Unilak, Mustakim JM, S.Pd.M.Pd yang juga undangan dalam pertemuan tersebut memberikan apresiasi positif terhadap apa yang disampaikan Rektor Unlak. “kami akan membantu sekuat tenaga sepenuh hati agar program Pak Rektor tersebut bisa terlaksana tahun ini, dalam pengamatan kami, beliau rektor yang cerdas, transparan dan menepati perkataannya,” papar Mr. Kim. Unilak mencapai banyak prestasi akademik dan memiliki ribuan alumni yang berkualitas. Saat ini para alumni Unilak sudah banyak yang menjadi tokoh masyarakat, pengusaha, kepala dinas, pejabat dewan dan profesi strategis lainnya. Maka dapat dipastikan sangat banyak keuntungan kuliah di kampus yang sarat dengan Nuansa Budaya Melayu ini. (Rls.)

Berita Lainnya

Index