Meranti Raih Peringkat 8 pada MTQ Provinsi Riau 2024

Ahad, 28 April 2024 | 09:42:08 WIB

DUMAI - Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil meraih peringkat 8 pada MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Riau tahun 2024, di Kota Dumai. Kegiatan itu ditutup Sabtu, (27/4/2024) malam.

Dari 69 peserta yang mengikuti 10 cabang, kafilah dari Kota Sagu itu memboyong dua cabang juara I, tiga cabang juara II dan tiga cabang juara III. Adapun poin yang berhasil diraih sebanyak 22 poin, dan naik satu tingkat dari MTQ tahun lalu di Kabupaten Indragiri Hulu yang berada di posisi 9.

 

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar mengaku senang dan bangga, serta menyambut dengan suka cita atas prestasi yang diperoleh anak-anak daerah tersebut.

"Kita sangat bersyukur sekali. Alhamdulillah, kita apresiasi kerja keras semua pihak mulai LPTQ, peserta, official, pelatih dan pendamping sehingga Meranti tetap berprestasi. Kita pantas bangga karena semua yang bertanding adalah putra-putri Meranti," kata Asmar.



Ia mengucapkan selamat kepada para pemenang dan untuk yang belum menjadi juara, tidak perlu bersedih.

"Selamat kepada seluruh pemenang, yang telah menorehkan prestasi. Dan untuk yang belum berhasil jangan bersedih dan berputus asa, terus mengasah diri agar nantinya dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi," ucap Asmar.

 

Sementara itu, Ketua LPTQ Kepulauan Meranti Agus Safri mengaku bersyukur atas prestasi yang diperoleh oleh qari dan qariah pada perhelatan MTQ ke 42 Tingkat Provinsi Riau itu.

Menurutnya apa yang dicapai kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti adalah berkat kerja keras dari para peserta dan seluruh pengurus LPTQ dan para guru serta semua pihak.

"Semua cabang yang dipertandingkan sudah menyelesaikan babak final dan berhasil diselesaikan dengan baik oleh para qori dan qoriah kita," sebut Agus.

 

Dia juga meminta maaf kepada masyarakat Kepulauan Meranti jika belum bisa mempersembahkan yang terbaik.

"Para qori dan qoriah kita ini merupakan hasil penjaringan dari MTQ kabupaten. Namun begitu, hasilnya belum begitu maksimal," tuturnya.

Adapun para qori dan qoriah Kabupaten Kepulauan Meranti yang meraih juara diantaranya juara I Tartil Putra diraih Risky Arya Dinata, juara I Cacat Netra diraih Gusnanda. Selanjutnya juara II cabang Tartil Putri diraih Nursyahfatin, juara II cabang KTIQ Putri diraih Zuliantia dan cabang Qiraat Murattal Remaja Putri diraih Dwi Wahyu Indah Lestari.

 

Sementara itu juara III diraih Eni Maghfiroh dari cabang Khat Naskah Putri, Uswatun Alifah dari cabang Khat Kontemporer Putri danBilqis, sofia, Aisyah dari cabang Syarhil Qur'an.

Untuk peringkat Harapan I diraih Naili Maghfiroh cabang Tilawah Dewasa Putri, Pajri cabang Hifzil 10 Juz Putra, M. Doni Hafizan Tafsir Bahasa Inggris Putra, Amirul Huda Asshiddiqi cabang Tilawah anak putra, Abdurrahman Sulaimana Saputra cabang Hifzil 5 Juz Putra.

 

Peringkat Harapan II diraih Azza Afkarina dari cabang Hifzil 10 Juz Putri. Selanjutnya  peringkat Harapan III diraih M. Firdaus cabang Qiraat Murattal Dewasa Putra, Rini Syafitri cabang Qiraat Murattal Dewasa Putri, Isma Fitria Ningsih cabang Qiraat Mujawad Dewasa Putri, Novriandi Alfitra Mandala cabang Hafalan Hadis 100 Putra , Isna Himayati cabang Hafalan Hadits 500 Putri, M. Ridho cabang KTIQ Putra dan
Muhammad As'ad Nafi'uddin cabang Khat Naskah Putra. (Prokopim)

Terkini